DPRD Paripurnakan Penetapan Calon Pimpinan Definitif

DPRD Paripurnakan Penetapan Calon Pimpinan Definitif

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Enam pekan pasca diambil sumpah 6 Agustus 2019 lalu oleh ketua Pengadilan Negeri (PN) Tanjung Pati, kini Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (17/9/2019) menggelar Rapat Paripurna Pengumumam Penetapan Calon Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Limapuluh Kota untuk masa jabatan 2019-2024.

Paripurna dipimpin oleh Ketua Sementara DPRD Limapuluh Kota Deni Asra dari Partai Gerindra yang didampingi oleh Wakil Ketua Sementara Wendi Chandra dari Partai Demokrat dimulai tepat pada 14.00 WIB. Bertempat di Aula DPRD setempat terbuka untuk umum. Hadir dalam Rapat Paripurna tersebut Bupati Limapuluh Kota yang diwakili oleh Wydia Putra Sekda Limapuluh Kota, Forkopimda dan beberapa kepala OPD.

Rapat Paripurna Pengumumam Calon Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Limapuluh Kota untuk masa jabatan 2019-2024 merujuk surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 170/5028/OTDA tanggal 16 September 2019 perihal Pengusulan Pimpinan DPRD Kabupaten dan Kota Defenitif. Bahwa pimpinan sementara DPRD dapat memproses usulan calon pimpinan definitif tanpa menunggu semua partai politik yang memiliki kursi pimpinan DPRD Kabupaten/Kota untuk mengajukan calon pimpinan definitif.

Ketentuan minimal sudah ada usulan 1 (satu) orang unsur calon pimpinan DPRD Kabupaten/Kota, sehingga usulan calon pimpinan DPRD Kabupaten/Kota lainnya dapat diusulkan setelah adanya usulan partai politik sesuai dengan ketentuan Perundang-undangan.

Sehubungan dengan uraian tersebut di atas dan dengan telah masuknya 1 (satu) usulan pimpinan defentif dari DPP Partai Gerindra perlu digelar Rapat Paripurna Pengumuman Penetapan Calon Pimpinan Definitif, yang surat masuk dibacakan oleh M Darmawijaya Sekretaris DPRD Kabupaten Limapuluh Kota dalam Rapat Paripurna.

“Surat Keputusan DPP Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Nomor : 08-0078/Kpts/DPP-GERINDRA/2019 tentang Pimpinan DPRD dan Ketua Fraksi Partai Gerindra Kabupaten Limapuluh Kota Provinsi Sumatera Barat Periode 2019-2024. Yang memutuskan dan menetapkan Deni Asra sebagai Ketua DPRD Limapuluh Kota dan Khairul Apit sebagai Ketua Fraksi,“ dibacakan oleh M Darmawijaya.

Penetapan dan pengumuman pimpinan DPRD Kabupaten Limapuluh Kota definitif, dengan komposisi satu orang ketua dan dua orang wakil ketua, yang seharusnya juga diikuti oleh calon pimpinan yang diisi oleh Partai Golkar dan Partai Demokrat yang sama-sama memperoleh 5 kursi di DPRD belum keluar SK Keputusannya dari DPP masing-masing Dewan Pimpinan Pusat.

Usai pembacaan Surat Keputusan DPP Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) penetapan pimpinan DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, ketua terpilih DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota periode 2019-2024 Deni Asra mengatakan, karena ke depan pekerjaan para wakil rakyat sudah menumpuk, terutama pembahasan APBD Perubahan tahun 2019 yang sangat mendesak dengan waktu tersisa 13 hari ini.

“Oleh karena itu, pada hari ini, hasil rapat paripurna penetapan dan pengumuman pimpinan DPRD Limapuluh Kota definitif tersebut, akan segera dikirim dan disampaikan kepada Bupati Limapuluh Kota,” ujar Deni Asra, sang Ketua DPRD.

Politisi Fraksi Gerindra Limapuluh Kota ini menambahkan, setelah surat hasil rapat paripurna tentang pimpinan DPRD Limapuluh Kota tersebut disampaikan kepada Bupati Limapuluh Kota.
Selanjutnya, pihaknya akan mengirimkan surat pengusulan pimpinan DPRD Kabupaten Limapuluh Kota definitif tersebut kepada Gubernur Sumatera Barat, karena risalah rapat paripurna merupakan salah satu syarat untuk mengusulkan pengajuan surat keputusan (SK) kepada Gubernur Sumatera Barat disamping SK dari DPP Pusat dan Surat Bupati.

”Sehingga, setelah Gubernur Sumatera Barat mengeluarkan SK pimpinan DPRD Kabupaten Limapuluh Kota definitif yang diharapkan selesai satu atau dua hari, sambil menunggu dua calon pimpinan dari Partai Golkar dan Partai Demokrat kami akan langsung melakukan rapat paripurna pengambilan sumpah dan janji pimpinan DPRD Limapuluh Kota definitif untuk periode 2019-2020 paling lambat hari Jumat,” pungkas Deni Asra.

Rapat Paripurna dengan agenda tunggal Pengumumam Penetapan Calon Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Limapuluh Kota untuk masa jabatan 2019-2024. Ditutup Deni Asra dengan berpantun, “DPRD siap bekerjasama membangun masa depan jaya, agar masyarakat Limapuluh Kota menjadi sejahtera, pengumuman pimpinan definitif sudah dilakukan, Mari kita tunggu hari pelantikan resminya.

“Nak duo pantu sairiang, banyak siswa takut disuntik, ada yang sembunyi di bawah meja, pimpinan DPRD insya Allah akan dilantik, mari kita selesaikan tunggakan kerja.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas