DPRD, Pembentukan BUMD Diharapkan Peran Masyarakat

Ketua DPRD Payakumbuh YB. Dt. Parmato Alam dan Walikota Pyk Riza Falepi ketika menghadiri acara Maulud Nabi Besar Muhammad SAW

Ketua DPRD Payakumbuh YB. Dt. Parmato Alam dan Walikota Riza Falepi

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Pemerintah Kota Payakumbuh terus berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan mencari sumber- sumber pendapatan baru. Sumber-sumber PAD tersebut bisa berasal dari hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan yaitu dengan pendirian Badan Usaha Milik Daerah.

 “Untuk mewujudkan penerimaan PAD Kota Payakumbuh melalui hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan maka dilakukan dengan membentuk BUMD Kota Payakumbuh, “ujar Walikota Payakumbuh di Aula Kantor DPRD Kota Payakumbuh beberapa hari lalu ketika penyampaian nota penjelasan 9 Ranperda.
Hal tersebut juga telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kota Payakumbuh 2013-2017. Pembentukan BUMD Kota Payakumbuh diharapkan ikut berperan dalam menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kota Payakumbuh.
Oleh karena itu, BUMD Kota Payakumbuh bergerak di beberapa bidang yang memiliki potensi besar untuk dikelola dan dikembangkan sehingga dapat memacu usaha-usaha ekonomi lainnya, bukan untuk mematikan usaha-usaha ekonomi yang telah dikelola oleh masyarakat.
“Untuk dapat mengoptimalkan perannya dan mampu mempertahankan keberadaan BUMD ini, perlu menumbuhkan budaya profesionalisme antara lain melalui pembinaan dan pengawasan serta menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (good coorporate governance),”ujar Walikota
Sementara, ketua DPRD Kota Payakumbuh, Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, mengatakan, menyoal kepada BUMD tersebut, Pemko Payakumbuh telah mengusulkan ke DPRD agar dilahirkan Perdanya.
“Mudah-mudahan anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPPD) DPRD Kota Payakumbuh bersama tim ranperda Kota Payakumbuh yang sedang membahas 9 ranperda, termasuk ranperda BUMD dapat dilahirkan selama masa sidang pertama,“ harap ketua DPRD.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*