DPRD Sampaikan Pandangan Terhadap 4 Buah Ranperda

DPRD Sampaikan Pandangan Terhadap 4 Buah Ranperda

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com—Walikota Payakumbuh diwakili Sekretaris Daerah Rida Ananda menghadiri Rapat Paripurna DPRD Payakumbuh di Gedung DPRD, Rabu (12/6). Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Payakumbuh, Suparman itu beragendakan penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi terhadap nota penjelasan wali kota atas 4 Ranperda Tahun Anggaran 2019.

Dalam rapat paripurna yang juga dihadiri oleh para Asisten Setdako, Staf Ahli, Kepala OPD, dan perwakilan unsur Forkopimda itu, para juru bicara fraksi menyampaikan pandangannya secara bergantian. Pandangan tersebut terkait dengan Ranperda tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2018, Ranperda tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum, Ranperda tentang Pendirian Perusahaan Perseroan Daerah Sejahtera Bersama, dan Ranperda tentang Perubahan Perda No 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Payakumbuh Tahun 2010-2030.

Secara umum, semua fraksi mengapresiasi atas peroleh opini WTP yang diraih Pemko Payakumbuh dari BPK RI. Di sisi lain, DPRD mengingatkan agar keuangan daerah sudah digunakan dengan sebaik-baiknya untuk pencapaian visi dan misi Kota Payakumbuh.

Pandangan pertama disampaikan oleh juri bicara Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ahmad Zifal. Fraksi PPP meminta agar Pemko memaksimalkan pemungutan pajak hotel, pajak makan, dan restoran sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pandangan kedua disampaikan juru bicara Fraksi Bintang Nasdem Syafrizal. Ia meminta Pemko membina secara berkelanjutan beberapa yayasan sekolah seperti Ma’had Islami, MTI Koto Panjang, Yayasan MTI Pakan Sunatan, Training College, dan Yayasan Syech Ibrahim Harun. “Alokasikan juga dana hibah dari APBD bagi mereka,” ucapnya.

Selanjutnya juri bicara Fraksi PKS, Nasrul menyampaikan agar Pemko melakukan optimalisasi pemberdayaan ekonomi sesuai dengan potensi Kota Payakumbuh. “Dan jangan dilupakan aspek pembinaan mental spiritual masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Walikota Payakumbuh melalui Sekda Rida Ananda menyampaikan Pemko akan mempersiapkan jawaban atas pandangan umum fraksi-fraksi tersebut. “Insya Allah akan dijawab secara tertulis dan disampaikan pada Jumat mendatang,” ucapnya.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas