DPRD Sebut Keberhasilan Pemerintah Daerah, Dilihat Penempatan Posisi Pejabat Yang Tepat

Fhoto : Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani saat menyampaikan catatan strategis dan rekomendasi tentang LKPj Bupati Tahun 2017 dalam sidang paripurna istimewa DPRD, Kamis (06/06/18).(ddy)

Tanah Datar, www.padang-today.com,- Tingkat keberhasilan pemerintah daerah tidak hanya diukur dari besar uang yang dikelola, tapi Kepala Daerah dalam menempatkan posisi pejabat harus tepat pada tingkat OPD yang berdasarkan kompetensi dan kemampuan dalam pengelolaan OPD itu sendiri.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani dalam sidang paripurna istimewa DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertangungjawaban (LKPj) Bupati Tanah Datar Tahun 2017, Kamis (06/06/18) lalu di Gedung DPRD setempat.

Dalam sidang tersebut, DPRD juga menyoroti beberapa kinerja OPD yang gagal dan belum mampu melakukan optimalisasi kebijakan pemerintah, untuk itu perlu dilakukan penataan kelembagaan dan penempatan posisi pada pejabat di OPD.

“Dalam hal penyampaian LKPj pemerintah daerah masih banyak menyajikan laporan yang belum dilengkapi dengan data data serta penjelasan yang detail, baik permasalahan yang dihadapi oleh OPD maupun solusi yang diambil dalam pemecahan permasalahan tersebut, data yang disampaikan kepada DPRD pun merupakan data sementara yang tidak menunjukan kondisi yang sebenarnya,” sebut Saidani.

Sehubungan dengan hal diatas, tambahnya DPRD melalui pansus pansus yang dibentuk perlu merekomendasikan kepada pemerintah, karena DPRD tidak bisa mendapatkan penjelasan Sekretaris Daerah sebagai Ketua TAPD tentang permasalahan yang dihadapi dan tidak pernah memenuhi undangan Pansus DPRD untuk dilakukan klarifikasi terkait pembahasan LKPj Bupati.

“Untuk masa yang akan datang, pemerintah daerah agar lebih mengoptimalkan kinerja dan menempatkan pejabat perangkat daerah sesuai dengan kompetensi sehingga terciptanya pemerintahan yang bersih, transparan, DPRD juga mendorong untuk mengevaluasi jajaran pemerintah daerah dimulai dari eselon II sampai keseluruh staff,” pungkas Politisi PKS itu. (ddy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas