DPS Pemilu 2019 di Sumbar Bertamabh 121.652 Pemilih

      Padang-today.com – Jumlah pemilih di Sumbar pada Pemilihan Umum (pemilu) 2019 sejumlah sebanyak 3.611.395 orang atau bertambah 121.652 pemilih bar

    “Secara keseluruhan, DPS ditetapkan sebanyak 3.611.395 jiwa. Jika dibandingkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pilgub Sumbar 2015 yang jumlahnya 3.489.580 jiwa, maka terdapat penambahan pemilih baru sebanyak 121.652 jiwa”,kata Ketua KPU Sumbar, Amnasmen ketika ditemui usai penetapan DPS Pemilu 2019 di Padang.

    Ia menjelaskan, pemilih bertambah karena sejumlah faktor, di antaranya bertambahnya penduduk yang berusia 17 tahun dan adanya penduduk yang pindah domisili.

“Pemilih pemula bukan hanya mereka yang berusia 17 tahun saat pemilu 2019 digelar. Melainkan juga mereka yang sudah bisa menggunakan hak pilihnya seperti pensiun TNI/Polri,”jelas .

    Selain menetapkan DPS, KPU juga memetakan jumlah dan sebaran lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dalam pemilu mendatang, 16.516 TPS di 1.158 desa atau nagari di Sumbar.

DPS nanti masih dilakukan verifikasi dan validasi sebelum ditetapkan pada DPT Pemilu 2019.

     “DPS merupakan mekanisme awal untuk memiliki data yang lebih akurat. Data pemilih tidak ditetapkan begitu saja, tapi sudah melalui proses cek dan ricek. Hal itu dilakukan untuk menghindari masalah seperti pemilih yang tertukar di Sumbar,”jelas Amnasmen.

    Ia menyatakan,DPS ditetapkan berdasarkan hasil pemutakhiran yang dilakukan PPS dengan cara DPT Pilkada ditambah pemilih pemula lalu dilakukan pemetaan TPS dengan rasio pemilih per TPS sebanyak maksimal 300 pemilih.

     “Yang kemudian diplenokan di tingkat kecamatan dan kabupaten,”katanya.

    Amansmen menambahkan, DPS telah ditetapkan dalam rapat pleno tersebut berpotensi ada perbaikan atau perubahan.

“Pemilih sementara yang diumumkan ini nantinya akan mengalami perbaikan setelah mendapatkan masukan dan tanggapan dari masyarakat,”ujarnya.

    Proses penetapan menjadi DPT masih panjang. Setelah diumumkan tentu perlu koreksi, masukan dan tanggapan dari masyarakat.

“Seluruh masyarakat bisa memberikan masukan atas penetatapan DPS tersebut,”imbuhnya.(der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas