Dr Syahrial Bakhtiar: Perlu Giatkan Kompetisi Olahraga Antar Sekolah

Dr H Syahrial Bakhtiar saat Rakornis di Padang.

Dr H Syahrial Bakhtiar saat Rakornis di Padang.

Padang, PADANG-TODAY.com-Mendukung sistem pembinaan olahraga prestasi di Sumatera Barat, kompetisi olahraga di sekolah harus digiatkan karena sekolah sumber atau gudangnya calon bibit atlet berbakat dan berpotensi.

“Itulah sebabnya melalui Pemprov Sumbar kita meminta kepada sekolah untuk menghidupkan kembali klub olahraga Sekolah yang memberi kesempatan pada siswa yang berpotensi pada cabang olahraga tertentu untuk mengasah kemampuannya,” ungkap Ketua KONI Sumbar, Syahrial Bakhtiar ketika jadi narasumber pada Rakernis Dispora Sumbar dengan Dispora se-Sumbar serta Bappeda kabupaten/kota, Rabu (10/2) di Hotel Grand Zuri, Padang.

Syahrial Bakhtiar mengatakan melalui kompetisi olahraga antar sekolah baik tingkat SD, SMP hingga SLTA akan lahir atlet-atlet berpotensi di masa depan, Komptesi antar sekolah semacam itu, sangat penting karena lahirnya seorang atlet berbakat memerlukan proses pembinaan yang panjang serta penanganan yang sungguh-sungguh, sistematis dan konsisten, bahkan dilakukan sedini mungkin.

“Anak usia SD termasuk dalam periode olahraga usia dini. Periode ini teramat penting sekaligus krusial, khususnya dalam perkembangan dan pertumbuhan fisik dan psikologis anak. Periode ini juga merupakan periode yang amat penting dalam menentukan prestasi dalam bidang olahraga,” terang Syahrial.

Tujuan digelarnya kompetisi antar sekolah, juga bisa dijadikan momentum untuk melibatkan partisipasi alumninya. Upaya untuk mengembalikan kejayaan olahraga di Sumbar, tidak bisa tidak, harus menggiatkan kompetisi olahraga antar sekolah sebagai bagian bangunan sistem pembinaan prestasi keolahragaan daerah.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*