Dt Asa Dirajo, Ketua KAN Koto Nan Ampek, Siap Bekerja Bangun Nagari

KAN Koto Nan Ampek, Dt Asa Dirajo dan H Almaisyar Dt Bangso Dirajo Nan Kuniang

KAN Koto Nan Ampek, Dt Asa Dirajo dan H Almaisyar Dt Bangso Dirajo Nan Kuniang

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Musyawarah dan pemilihan Ketua Kerapatan Adat Nagari Koto Nan Ampek akhirnya memilih Dt Asa Dirajo menjadi Ketua. Sabtu (13/2) bertempat di Balai Adat Nagari Koto Nan Ampek, Dt Asa Dirajo mengalahkan 8 orang calon ketua lainnya.

Sebanyak 68 orang Niniak Mamak Koto Nan Ampek hadir di puncak pemilihan Ketua KAN itu. Sejumlah Niniak Mamak yanjg hadir itu pulalah yang punya hak suara. 33 suara diamanatkan pada Datuak Asa Dirajo.

H Almaisyar Dt Bangso Dirajo Nan Kuniang, Kaampek Suku Dt Rajo Mantiko Alam Suku Sambilan Ampek Parampek, yang merupakan suku terbesar di Koto Nan Ampek mengucapkan selamat. Visi dan Misi Dt Asa Dirajo sangat mengena dan menyentuh keinginan anak nagari.

“Visi dan Misinya, menghidupkan semua potensi perantau, anak nagari, generasi muda, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang akan dihimpun dan dirangkul menjadi kerja bersama membangun nagari. Ini adalah potensi-potensi yang kuat yang akan berperan dalam pembangunan,” ujar Dt Asa Dirajo menyampaikan visi dan misinya di hadapan niniak mamak, awal Februari lalu. Dt Asa Dirajo memohon agar didukung oleh seluruh lapisan masyarakat di Koto Nan Ampek khususnya.

H Almaisyar Dt Bangso Dirajo Nan Kuniang  bahwa proses pemilihan yang ditetapkan bersama, musyawarah mufakat, telah menunjuk panitia pelaksana. Oleh suku-suku gadang; Suku Sembilan Ampek Perampek, Suku Limo Nan Tujuah, Suku Ampek Niniak, Suku Bodi Chaniago, masing-masing diberi kesempatan mengusulkan dua calon Ketua KAN. Sebab Suku Sembilan Ampek Parampek terbanyak, maka diberi usulan calon tiga orang.

“Makanya 9 orang calon ini sejak awal pemilihan, berpacu memahamkan visi dan misinya ke seluruh elemen,” papar H Almaisyar Dt Bangso Dirajo Nan Kuniang.

Di suku-suku ini, ada pemegang kuasa Kaampek Suku. Pada Suku Sembilan Ampek Perampek Kaampek Sukunya Dt Rajo Mantiko Alam, dijabat H Almaisyar Dt Bangso Dirajo Nan Kuniang. Suku Limo Nan Tujuah Kaampek Suku Dt Panghulu Rajo Nan Data dijabat oleh Dt Panghulu Rajo Nan Hitam. Lalu, di Suku Ampek Niniak Dt Rajo Penghulu dijabat Dt Rajo Bosa. Suku Bodi Chaniago Dt Sinaro Kayo.

Pemilihan Ketua KAN Koto Nan Ampek yang berlangsung cukup lama ini, disandarkan pada prinsip musyawarah. Sebab, ada unsur musyawarah maka pemilihan ini dilaksanakan. Prosesnya dari pencalonan, perkenalan calon, sampai ke sosialisasi, hingga pemilihan.

Ketua KAN terpilih diharapkan menyusun kabinet secepatnya. Pengurus KAN periode 2010-2015 lalu pun telah diterima laporan pertanggungjawabannya secara aklamasi mengenai kinerja, keuangan, aset, dan lainnya. Dalam waktu dekat, akan dilantik oleh Walikota Payakumbuh. Bersamaan dengan dilantiknya pengurus Bundo Kanduang dan Puti Bungsu yang juga telah berganti periode kepengurusannya.

Pemilihan itu diakhiri dengan berfoto bersama seluruh Niniak Mamak yang hadir. H Almaisyar Dt Bangso Dirajo Nan Kuniang mengaku bangga atas sukses pemilihan ini. Ia berharap ke depan nagarinya ini kian maju dan berkembang.(dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*