Dua anak perempuan belasan tahun tenggelam di Muara

Korban Tenggelam di Muara Pasia Baru Nagari Pilubang Sungai Limau

Padang-today.com___Warga Pasir Baru Dusun I, Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau, Padang Pariaman, Sumbar, Selasa Pagi (12/06) dikejutkan dengan hilangnya anak gadis muda belia di sekitar muara Pasir Baru akibat tenggelam.

Gadis belia ini hilang sekitar pukul 06.30 WIB dan ditemukan sekitar 07.00 WIB disekitar  muara sungai Pasia Baru oleh masyarakat setempat.

“Lagi asik asik bermain disekitar muara sungai tersebut lalu tiba-tiba tanah di sisi muara amblas sehingga korban terjatuh dan terbawa arus,” kata Kepala Kepolisian Resort Pariaman, AKBP Andry Kurniawan kepada wartawan di Pariaman, Selasa 12/06/2018.

Katanya, korban tersebut bermain dengan teman sebayanya dengan tiga orang sepulang pengajian, dua diantaranya yang ikut tenggelam di sekitar muara tersebut.

“Kejadian berawal ketika korban Alenta (12) pulang dari pengajian pada Selasa (12/6) sekitar pukul 06.30 WIB. Kemudian setelah itu korban bersama dua temannya Raisa (11) dan Aras (18) pergi ke muara pasir berniat untuk berenang di muara,” ujar Kapolres.

Korban yang selamat, lanjutnya, Aras (18) melihat kedua korban tersebut hanyut dan mencoba untuk menolong, namun yang dapat tertolong hanya Raisa, sedangkan  Alenta terbawa arus bawah muara.

“Aras berteriak meminta tolong kepada warga sekitar. Setelah itu datang beberapa warga menolong dan mencari Alenta,” katanya.

Setelah sekitar satu jam kemudian korban ditemukan dan langsung dibawa ke Puskesmas Sungai Limau.

“Setelah dilakukan Visum Et Repertum, menurut keterangan pihak Puskesmas bahwa korban sudah meninggal dunia sekitar pukul 08.30 WIB dan pihak keluarga langsung membawa jenazah ke rumah duka untuk dilakukan pemakaman,” tandasnya menghakiri.

Ia menghimbau kepada masyarakat dan pengunjung wisata pantai agar berhati-hati dalam mengajak keluarga untuk menikmati wisata yang kawasan berbahaya. Selain itu, warga yang tinggal di sekitar pesisir pantai harus waspada dan mengawasi keluarganya untuk bermain di sepanjang pesisir pantai.

“Menjelang lebaran hingga libur lebaran ini, memang sering terjadi korban hanyut dan menyebabkan korban jiwa. Sepanjang pesisir pantai wilayah hukum Polres Pariaman rawan korban hanyut, karena kondisi pantai dan muara yang curam dan dalam,” terangnya.

Adapun wilayah rawan korban hanyut dibeberapa titik ramai wisatawan anak-anak mandi seperti di Pantai Sunur, Pantai Kata, Pantai Cermin, Pantai Gandoriah, Muara Mangguang, Pantai Naras, Muara Pasir Baru Pilubang, Pantai Arta dan Pantai Arga.

Untuk antisipasi pencegahan, Kapolres Pariaman beserta jajaran bersinergi dengan Kodim 0308, BPBD, Basarnas, KAMLA II Padang, Dishub, Tim KSB dan Satpol PP menjaga keamanan pengunjung. Menghimbau masyarakat yang berkunjung untuk berhati-hati, serta tidak mandi diarea yang sudah dilarang melalui berbagai tanda pengumuman. (*)

Muara Dilarang Untuk Mandi mandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*