Dua ASN Pemkot Padang Dilaporkan Ke KASN

      Padang-today.com – Dua orang Apartur Sipil Negara (ASN) di Pemkot Padang dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) atas dugaan ketidaknetralan.

    Secara resmi telah mengirimkan rekomedasi ke KASN atas dugaan ketidaknetralan dua ASN yakni “DF” staf ahli dan “K” berdinas di Bagian Kesra Pemkot Padang,”kata Ketua Panwaslu Padang,Dorry Putra di Padang.

     Ia menjelaskan,rekomendasi itu dimana ASN tersebut terbukti melanggar ketentuan terkait netralitasnya sebagai ASN dalam Pilgub Padang 2018.

    “Pelaporan ke Komisi ASN tersebut sesuai Undang-Undang (UU) nomor 5 tahun 2014 tentang ASN yang didalamnya termuat ASN tidak boleh terlibat langsung dalam politik praktis,”ungkapnya.

    Secara berjenjang sudah kami rekomendasikan ke Bawaslu untuk diteruskan ke KASN, yang nantinya akan memutuskan dan menilai pelanggaran ASN tersebut.

     Selain itu, lanjut Dorry Putra rekomendasi yang sama juga diteruskan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,”ungkapnya.

     Ia menyatakan, sebagaiman diketahui ASN propesi yang harus dihormati dan salah satu penyelenggara manajemen berazskan netralitas (tidak berpihak pada salah satu pihak atau golongan) ASN bebas dari intervensi politik.

     ASN harus bekerja secara profesional dan tidak  berpihak sebagaiman diatur dalam Surat Menteri Aparatur negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No B7/M.SM.00.00/2017 huruf C angka 1 poin d.

      Serta PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan PP Nomor 42 Tahun 2014 tentang Pembinaan Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil.

    “Selain itu, diperkuat dengan Surat Edaran Komisi Aparat Sipil Negara (KASN) Nomor : B-2900/KASN/11/2017 Tentang Pengawasan Netralitas Pegawai ASN pada pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018,”katanya.

      Seluruh ASN tanpa kecuali seharusnya mematuhi aturan, lanjut Dorry karena sejak mengembang profesi sebagai ASN yang setiap pegawai terikat dengan aturan yang mengatur etika dan prilaku yang harus dijaga dan dipatuhi/ditaati dalam pergaulan hidup sehari-hari.

     “Demi terselenggaranya pemilihan kepala daerah yang berintegritas, berkualitas serta profesionalitas di Padang, kami minta agar ASN tetap netral dan tidak ikut berpolitik dengan mendukung salah satu bapaslon,”tegas (der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*