Dua Bandar Sabu Asal Pekanbaru Diringkus Polisi


Padang-today.com – Direktorat Reserse Kriminal Narkoba (Dit.Resnarkoba) Polda Sumbar meringkus dua tersangka bandar narkoba jenis sabu.

“Mereka ditangkap inisial “H” (42) warga Pekanbaru dan DT (43) warga Pekanbaru,”kata Dit.resnarkoba Polda Sumbar, Kombespol Ma’mun di Padang.

  Ia menjelaskan, kedua tersangka ditangkap dua lokasi berbeda di Kabupaten Agam.
Tersangka inisial H” ditangkap di depan salah satu rumah makan Kabupaten Agam dan tersangka DT juga di depan salah satu toko ruas jalan Bukittinggi-Payakumbuh Kabupaten Agam.

    Penangkapan terhadap tersangka H ketika berada di depan toko dengan membawa mobil jenis Kijang Super nopol BM 1678 SR pada Sabtu (16/3) sekitar pukul 04.30 WIB. Petugas menemukan 1 kg sabu disimpan dalam doortrim pintu belakang. Sabu tersebut dibungkus dengan menggunakan kertas koran dalam plastik hitam.

    Dari pengakuan tersangka barang haram tersebut didapat salah seorang temannya berada di Pekanbaru untuk diedarkan wilayah Padang dan Bukittinggi.

Penangkapan tersangka kedua inisial DT pada Sabtu (16/3) sekitar pukul 07.50 WIB. Tersangka dari Pekanbaru menuju Bukittinggi dengan membawa mobil Agya nopol BM 1502 CM. Tersangka membawa mobil tersebut ketika berada di  ruas jalan Bukittinggi-Payakumbuh dilakukan penghentian,”jelas Ma’mun.

    Dia menambahkan, tersangka  membawa keluarga dalam menjalankan aksinya.

“Agar tidak mencurigakan dan mengelabui petugas tersangka membawa pihak kelaurga untuk jalan-jalan ke Bukittinggi. Ini salah satu modus baru bandar untuk membawa narkoba ke wilayah Sumbar,”imbuhnya.

Ia menyatakan, petugas saat ini masih melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap teman pelaku merupakan pemasok dari Pekanbaru.

     Kedua tersangka dijerat UU Nomor 35 Tahun 2019 Tentang narkotika pasal 114 ayat 2 subsider pasal 112 ayat 2. “Ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara dan maksimal hukuman mati,”pungkas dia.

     Sementara itu Kabid.Humas Polda Sumbar Kombes Pol Syamsi menyatakan, kasus narkoba di Sumbar cukup memprihatikan. Hampir tiap hari petugas menangkap pelaku narkoba.

“Sumbar ini sudah darurat penyalahgunaan narkoba, hal ini terlihat hampir tiap harinya petugas menangkap penyalahgunaan,”kata dia.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas