Dua Caleg Di Bukittinggi Mundur

 

Padang-today.com – Dua orang calon legislatif (caleg) di Kota Bukittinggi, Sumbar mengundurkan diri untuk bertarung di Pemilu 2019.

“KPU Bukittinggi mencatat dua orang caleg mengundurkan diri. Mereka itu yakni Afdhal Salman dan Indria Syafitri, keduanya dari PKS dan PSI,”kata Ketua KPU Kota Bukittinggi, Benny Azis ketika dikonfirmasi dari Padang

Ia menjelaskan, kedua caleg tersebut mengundurkan diri karena diterima sebagai calon pegawai negeri sipil.

    “Afdhal Salam yang maju dari Partai Keadilan Sejahtera untuk daerah pemilihan 1 Kecamatan Mandiangin Koto Selatan. Lalu Indria Syafitri caleg Partai Solidaritas Indonesia untuk dapil III Guguak Panjang,”pungkas dia.

    Ia menjelaskan, KPU mencoret kedua nama caleg tersebut. Dasar KPU mencoret Caleg bukan diterima CPNS, namun telah mengundurkan diri dari parpol secara otomatis bukan lagi anggota parpol, sehingga tidak memenuhi syarat sebagai caleg.

KPU sebelum memberikan surat pada pimpinan parpol di Kota Bukittinggi untuk memberikan nama-nama caleg lolos calon Pegawai Negeri Sipil. Ada surat dari KPU dimana menghimbau pada parpol untuk menyampaikan caleg diterima CPNS,”jelas Benny Azis.

Selanjutnya KPU melakukan klarifikasi
pada parpol, terkait kedua caleg itu. Hasil tersebut melakukan rapat pleno untuk memutuskan pencoretan caleg lolos CPNS.

   “Meski dicoret, nama keduanya akan tetap muncul dalam surat suara. Sebab tahapan penetapan daftar calon tetap (DCT) sudah dilakukan sejak lama,”jelas Benny Azis.

Dia menambahkan, walaupun surat suara sudah dicetak, nama kedua masih ada kertas surat suara Pemilu 2019, nantinya akan diumumkan KPPS di masing-masing daerah pemilihan mereka. Kedua tersebut tidak lagi terdaftar sebagai caleg.

“Namun jika nama keduanya tercoblos,maka secara otomatis suaranya jatuh untuk perolehan suara partai,”imbuh dia.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas