Dua Daerah Tersebar Tabloid Indonesia Barokah

     Padang-today.com – Dua daerah di Provinsi Sumbar sudah tersebar Tabloid Indonesia Barokah.

“Berdasarkan laporan di terima Bawaslu Sumbar tercatat dua daerah yakni Pasaman Barat dan Kabupaten Dharmasraya sudah tersebar Tabloid Indonesia Barokah,”kata Ketua Bawaslu Sumbar, Surya Efritrimen di Padang.

     Untuk Kabupaten Pasaman Barat Tabloid Indonesia Barokah tersebar sebanyak dua eksemplar itupun berdasarkan laporan masyarakat pada Panwaslu. Rencananya Panawaslu Pasaman Barat bakal kirim satu eksemplar ke Bawaslu Sumbar.
Panwaslu Pasaman Barat melakukan penyelidikan terkait tersebarnya dua eksemplar tabloid tersebut,”jelas Surya Efritrimen.

Sedangkan untuk di Kabupaten Dharmasraya berdasarkan laporan diterima Tabloid Indonesia Barokah yang tersebar Itu sebanyak 2 sampul.

    “2 sampul sudah sampai pada tujuan, yaitu pada salah satu pesantren yang ada di Dharmasraya, dan Madrasah di Dharmasraya, sementara 1 lagi masih di tahan di Kantor Pos Dharmasraya,”jelas Surya Efritrimen.

     Surya Efritrimen menambahkan, Kota Bukittinggi, berdasarkan laporan bakal masuk sebanyak 22 sampul/amplop. Namun barang tersebut masih berada di kantor pos.

Paket tersebut diterima PT Pos Indonesia Bukittinggi pada hari Minggu (27/1) sekitar pukul 22:00WIB berupa kantong dalam keadaan tersegel dan di kirim melalui jalur darat, sementara Tabloid IB masih di tahan di kantor Pos Bukittinggi, atas intruksi dari kantor Pos Pusat,” pungkasnya.

Surya Efritrimen merinci jumlah Tabloid Indonesia Barokah yang masuk sebanyak 22 sampul/amplop semuanya untuk wilayah Kab Agam dengan rincian, Kecamatan Banuhampu 4 Sampul, Kecamatan Baso 2 sampul, Kecamatan Ampek Angkek 1 sampul, Kecamatan Tilantang Kamang 8 sampul, Kecamatan Sungai Pua 2 sampul dan Kecamatan Tanjung Raya 5 sampul.

Surya menyatakan, Bawaslu meminta seluruh jajarannya untuk tindakan preventif pada semua steakholder berkaitan dengan penyebaran tabloid Indonesia barokah.
“Hal ini menjaga kondusifitas Pemilu 2019 di Sumbar tinggal beberapa bulan lagi,”katanya.

    Terkait isi konten berita dimuat Tabloid Indonesia Barokah, Bawaslu tidak punya wewenang. Kami hanya memantau pergerakan tabloid tersebut mengindentifikasi jumlah dan penerima Tabloid Indonesia Barokah saja, selanjutnya kami menunggu instruksi dari Bawaslu RI.

Bawaslu menunggu hasil dari putusan Dewan Pers mengenai Tabloid IB tersebut, apakah tabloid itu memang melakukan pelanggaran terkait undang-undang jurnalis.

    “Sekarsng kita masih menunggu pernyataan dari Dewan Pers terkait Tabloid IB tersebut,”pungkas Surya Efritrimen.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas