Dua Dari Sumbar Lulusan AKPOL Raih Bintang Adhi Makayasa

   Padang-today.com – Dua orang dari Provinsi Sumbar lulusan pendidikan taruna akademi kepolisian (Akpol) mendapatkan penghargaan bintang Adhi Makayasa.

“Berdasarkan data Polda Sumbar tercatat dua asal Sumbar taruna Akpol dapat bintang Adhi Makayasa,”kata Kabid.Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Syamsi di Padang.

Dua orang tersebut yakni pertama diraih Doly Septian, menjadi lulusan terbaik tamatan Akademi Kepolisian (Akpol) 2018, dan meraih penghargaan berupa Adhimakayasa dari Kapolri, Jenderal Polisi Prof. H. M. Tito Karnavian, Ph.D, yang diserahkan pada wisuda Akpol dan Penutupan Pendidikan Taruna Akademi Kepolisian Tingkat IV Angkatan 49 Batalyon Prawira Hirya, bertempat di Auditorium Cendrawasih, Akpol Semarang, Senin tanggal 9 Juli 2018.Pengiriman 2014 tamat 2018, dikirim 16 orang, diterima 8 orang.

“Kemudian Muhammad Idris lulusan pendidikan taruna Akpol 2019. Muhammad Idris berangkat bersama 14 orang,”jelas Syamsi.

Sekarang ini Polda Sumbar mendapatkan kado istimewa di HUT Bhayangkara ke-73 dimana Muhammad Idris mendapatkan penghargaan bintang Adhi Makayasa lulusan Akpol 2019.

“Muhammad Idris ikut seleksi dari Polda Sumbar berhasil mendapatkan Adhi Makayasa, ini merupakan kado HUT Bhayangkara di dapat Polda Sumbar,”ujar Syamsi.

    Syamsi menyatakan dua kalinya Polda Sumbar meraih penghargaan bintang Adhi Makayasa ini membuktikan tidak namanya main backing atau membrikan sejumlah uang agar lolos calon taruna Akpol.

“Seleksi penerimaan calon taruna Akpol mulai tingkatan di Polda Sumbar cukup ketat dan bersih,akuntabel, guna mencari calon taruna terbaik dari Sumbar untuk menjalani pendidikan Akpol,”katanya.

    Seleksi penerimaan untuk tingkatan SMA sederajat di Polda Sumbar diawasi internal dan eksternal, dari internal Polda yakni Irwasda, Propam sedangkan dari eksternal yakni Ombusman, IDI, KAN, Akademisi, wartawan.

“Hal ini dilakukan panitia seleksi guna mencegah terjadinya kecurangan dalam seleksi penerimaan calon taruna Akpol,”pungkas Syamsi.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas