Dua Orang TKA Asal Austria Di Proyek PLTMH Lintau Telah Di Deportasi Imigrasi Agam

Fhoto : Iluatrasi (net)

Tanah Datar, www.padang-today.com- Diduga melakukan pelanggaran atau tindak pidana keimigrasian, dua orang Tenaga Kerja Asing (TKA) di proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Lintau, sudah dideportasi dari Indonesia Imigrasian Kelas II A Agam.

Kepala Seksi Pengawasan Dan Penindakan Keimigrasian (Kasi Wasdakim) Kantor Imigrasi Agam Deny Haryadi kepada www.padang-today.com, Sabtu (02/06/18) mengatakan, jika dua orang TKA yang berasal dari Austria itu, Stefan Pobegger dan Adnan Abdihozic sebelumnya sudah diamankan pada tanggal 14 Mei 2018 lalu.

“Yang bersangkutan sudah tinggal sejak bulan April 2018 dan diamankan di Nagari Lubuk Jantan, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar saat keduanya memasangan turbin yang dibeli oleh PT. Ikhwan Mega Power (IMP) untuk proyek PLTMH,” ucap Deny.

Kedua TKA itu kata Deny, utusan perusahaan Austria Gugler, dalam perjanjiannya Gugler selain menjual turbin, juga harus mengirim teknisi ahli untuk merakit turbin.

“Jelas keduanya melanggar izin masuk kemigrasian dan perusahaan yang mendatangkan pun tak berkoordinasi sama kita, dan PT. IMP yang mendatangkan TKA itu sudah kita tegur secara tertulis,” tutur Deny.

Stefan Pobegger dan Adnan Abdihozic sempat ditahan beberapa hari di ruang detensi Kantor Imigrasi Agam sebelum kedua WNA dideportasi ke negara asalnya lewat Jakarta pada Jumat (18/05/18) lalu.(ddy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas