Dua Pelajar Juara Tahfiz Dilepas Wako ke Tanah Suci

Walikota Riza Falepi menyalami dua pelajar SMA IT ICBS yang akan betolak menunaikan Umrah, disaksikan Kadisdik Hasan Basri.

Walikota Riza Falepi menyalami dua pelajar SMA IT ICBS yang akan betolak menunaikan Umrah, disaksikan Kadisdik Hasan Basri.

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Pemerintah Kota Payakumbuh untuk ketiga kalinya kembali mengirim dua pelajar SMA untuk menunaikan  ibadah Umrah ke Tanah Suci Mekkah, November 2016. Kedua pelajar yang diberangkatkan merupakan pemenang lomba Tahfiz (hafal) Alquran yang digelar Dinas Pendidikan Payakumbuh, September lalu.

Kedua pelajar yang beruntung mengikuti Umrah itu, adalah M. Hassanuddin Al Qadri dan Masyitah Naqia, keduaya  dari SMA IT Insan Cendikia Boarding School (ICBS). Sementara, untuk pemenang kedua dan ketiga, baik kelompok putera dan puteri,  mengantongi hadiah uang masing-masing Rp10 juta dan Rp5 juta. Pemenang II dan III putera, milik M. Toha Hasan (SMA IT ICBS) dan Abdul Hafiz (SMA Raudhatul Janah). Di bagian puteri, pemenang II dan III diraih Filzah Yumni Sifa dan Elza Amalia Firdaus (SMA IT ICBS).

Sebelum bertolak ke tanah suci Mekah, kedua pelajar bersangkutan dilepas Walikota Payakumbuh Riza Falepi, di ruang kerjanya, Selasa (25/10).  Dihadiri Asisten I Yoherman, Asisten III Iqbal Bermawi, Kadisdik Payakumbuh Hasan Basri, Kepala Sekolah SMA IT ICBS, Kabid Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Tavril Samry, orang tua M. Hassanuddin Al Qadri (Qadri dan Afriati) dan orang tua Masyitah Naqia (M. Rafi dan Dewi Sartika).

Walikota Riza Falepi dalam sambutannya, mengingatkan kedua pelajar tersebut, untuk dapat menjalankan ibadah umrah dengan baik dan tidak berhenti termotivasi menghapal Alquran. Bagi para pelajar yang belum beruntung mendapat hadiah, diharapkan lebih giat dalam menghapal Alquran.

“Tapi jangan juga menghafal Alquran karena hadiah, niatkan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” nasehat Wako.

Kegiatan lomba hafal Alquran, dikatakan wako, untuk melahirkan para pemimpin yang baik di masa depan. Wako berharap kegiatan hafal Alquran dapat berkelanjutan dan menjadi budaya yang baik di kota Payakumbuh.

Sementara itu, Kadisdik Hasan Basri menuturkan, total hadiah sebesar 157 Juta tahun ini akan ditingkatkan pada lomba Tahfiz Alquran tahun depan. Jika tahun ini hanya dua pelajar yang berangkat Umrah, tahun depan direncanakan empat hafiz terbaik bisa ke tanah suci.

Lomba hafalan Alqur’an yang digelar Dinas Pendidikan itu, juga diikuti pelajar SMP dan SD. Namun, hadiahnya, baru sebatas tabanas. Untuk SMP total hadiah yang disediakan pemko Rp36 juta dan pemenang SD dengan total hadiah Rp30 juta.

Pemenang I/II/III hafal Alqur’an tingkat SD putera, masing-masing diperoleh Farhan Al Ghifari (SDN 07), Farhan (SDN 22) dan  M. Rifqi Siregar (SD Al-Huffazf. Di bagian puteri, pemenang I/II/III direbut Nazla Kharia Adzuzuri (SD AlHuffazh), Naila Aisha Fitriani dan Syifa Aulia Azzahra, keduanya dari SD Raudhatul Jannah.

Untuk tingkat SMP, pemenang I/II/III putera, masing-masing direbut Aldon Rahman SMP Al-Fath, Agustullah Rizky SMP IT ICBS dan Akhlaqul Imam (SMP Raudhatul Jannah). Di bagian puteri, milik Jamilatul Fitri (MTsN Koto nan Ampek), Syarifah Aini (SMP IT ICBS) dan Noer Haliza (SMP IT Al-Fath).(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas