Dua Pembalap Sepeda Payakumbuh Dikirim ke Kejurnas

Dua pebalap sepeda Payakumbuh Farel Defernando dan Muhammad Giano ke Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Sepeda, Indonesian National Championship (INC)

INC merupakan agenda rutin PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) untuk mendapatkan juara nasional dalam disiplin balap sepeda. Event ini hanya digelar setahun sekali, untuk mencari satu juara nasional untuk kategori putra dan putri.
Keduanya dilepas Kadispora Sumbar Dedy Diantolani bersama pebalap lainnya.

Terdapat lebih dari 600 atlet dari 27 provinsi akan berpartisipasi dalam kejuaraan ini. Kejurnas Road dan MTB 2022 akan melombakan empat kelompok usia. Yakni, elite, U-23, junior, dan youth. Disiplin road akan terdiri atas tiga lomba, yakni individual time trial (ITT), individual road race (IRR), dan criterium. Sementara itu, nomor MTB melombakan cross-country eliminator (XCE), cross-country Olympic (XCO), cross-country relay (XCR), downhill, dan enduro.

“Bagi Payakumbuh, kejurnas ini bukan hanya sekadar event olahraga saja. Namun jadi pengganti Tour de Singkarak yang batal di Sumbar, ” ujar Ketua ISSI Payakumbuh Yoserizal Teja.

Berdasarkan informasi dari panitia penyelenggara, hingga 12 Juli, untuk kategori Road Race diikuti 273 atlit, dari 26 Provinsi, di 39 nomor perlombaan. Sementara Kejurnas MTB bakal diikuti 250 atlit, dari 17 Provinsi, di 29 nomor perlombaan. Jumlah tersebut masih bisa terus bertambah hingga penutupan pendaftaran, 13 Juli.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi Abdul Aziz Hamidi mengatakan, saat ini telah banyak peserta yang berdatangan di Banyuwangi. “Sejak 11 Juli sudah banyak peserta yang telah datang ke Banyuwangi. Mereka telah menempati hotel dan penginapan di Banyuwangi. Mereka juga telah mencoba track yang akan digunakan dalam Kejurnas ini,” kata Aziz.

Banyak pembalap nasional akan berpartisipasi dalam Kejurnas ini. Salah satu pembalap yang datang adalah Zaenal Fanani, peraih medali emas Sea Games 2021 kelas MTB Cross Country Olympic. Zaenal merupakan pembalap kelas XC dan telah menjajal lebih awal sirkut MTB Cross Country Agathis di Desa Banjar, Kecamatan Licin. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*