Dua Ratus Orang Personil Pol PP Kota Padang Dites Kesamaptaan

200 personil Sat Pol PP Kota Padang tes Samapta.

200 personil Sat Pol PP Kota Padang tes Samapta disaksikan oleh Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah..

Advertisements

PADANG, PADANGTODAY.com-Sebanyak 200 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang menjalani tes kesamaptaan jasmani guna mengevaluasi stamina dan kinerja dalam melaksanakan tugas. Tes kesamaptaan yang berlangsung sejak Jumat (9/1) di GOR H. Agus Salim tersebut mendatangkan pengetes dari Jasrem Korem 032 Wirabraja.

Walikota Padang H. Mahyeldi menyempatkan diri menyaksikan tes ini setelah bermain bola di Lapangan GOR H. Agus Salim, Sabtu (10/1) pagi. Ia mengapresiasi langkah yang telah dilakukan Satpol PP dengan mengadakan tes kesamaptaan sekali 6 bulan ini. Menurutnya, tes ini harus dilaksanakan dengan baik agar kualitas Pasukan Penegak Perda ini meningkat.

“Kita butuh Satpol PP yang dapat bekerja maksimal menegakkan Perda di Kota Padang. Banyak masalah-masalah di kota ini yang membutuhkan anggota satpol PP yang berkualitas dalam bekerja, seperti penegakan Perda 21 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah, Penertiban Pasar Raya Padang, Penertiban Pekat, dan lain-lain,” ujar Mahyeldi.

Asisten Pemerintahan Setda Kota Padang, Wedistar yang juga hadir pada kesempatan ini menambahka, tes kesamaptaan jasamani adalah keharusan bagi Satpol PP. “Tidak mungkin kita mengaharapkan kinerja mereka bagus, kalau kita tidak mengevaluasi stamina mereka,” ulasnya.

Menurut Kasatpol PP Kota Padang Andree Algamar, tes ini selain bertujuan untuk mengevaluasi stamina personil juga dalam rangka meningkatkan pembinaan secara jasmani dan kecakapan. “Bagi yang baik akan dimasukkan dalam Pleton Reaksi Cepat (PRC). Bagi yang kurang akan dibina lagi agar staminanya tetap terjaga,”sebut Andree.

Dijelaskan, PRC merupakan pasukan khususnya Satpol PP Kota Padang. Jumlahnya tidak lebih dari 30 orang. Dan mereka bertugas menyelesaikan masalah yang berat-berat. Bagi mereka yang tergabung dalam pasukan ini, akan diberi reward yang lebih dari teman-temannya. Diantaranya, uang pudding, uang kerapian, dan lain-lain.

“Evaluasi ini dilaksanakan 2 kali dalam setahun. Atau tepatnya sekali enam bulan. Evaluasinya terdiri dari lima tahapan. Pertama, lari 12 menit mengelilingi lapangan bola GOR H. Agus Salim. Setelah itu dilanjutkan dengan pull up, push up, sit up, dan lari angka delapan,”tukas Andree.(dil/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*