Dua Unit Toko Rusak di Timpa Batang Mahoni Yang Ditebang

Pohon mahoni Tumbang.

Pohon mahoni Tumbang.

Advertisements

Lubukbasung, PADANGTODAY.com-Dua unit bangunan pasar yang ditempati pedagang untuk berjualan di pasar Padangbaru lubukbasung, Senin (13/10)rusak di timpa batang pohon mahoni yang ditebang.

Penebangan pohon mahoni itu dilakukan oleh  Badan Perwakilan Pemilik Pasar (BP3) Lubukbasung melalui beberapa orang warga. Namun karena tiupan angin kencang pada saat dilakukan penebangan pohon tersebut, mengakibatkan batang pohon tumbang kearah dua petak bangunan pasar yang di gunakan pedagang sebagai apotek dan kedai barang harian.

Helton, SH selaku ketua BP3 Lubukbasung mengatakan, bahwa penebangan pohon mahoni yang besar tersebut harus dilakukan karena dikhawatirkan sewaktu-waktu bisa tumbang oleh angin kencang dan dapat membahayakan masyarakat.

” Kalau tidak ditebang, dikhawatirkan pohon mahoni ini bisa tumbang karena ukurannya yang besar dan faktor usia pohon yang sudah lama, belum lagi seringnya angin kencang yang melanda wilayah lubukbasung. Kita takutkan ini bisa menimpa masyarakat, apalagi letaknya di dalam kawasan pasar yang banyak masyarakat. Oleh karena itu kita mengambil sikap untuk menebang pohon tersebut setelah kita meminta izin penebangan dari pihak Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Agam. Ujar Helton, SH , ketua BP3 Lubukbasung.

Helton menambahkan, selain untuk membersihkan pohon mahoni tersebut, pihaknya juga akan membangun Water Closet (WC) di lokasi penebangan itu, serta nantinya akan dilakukan penghijauan kembali dengan menanam tanaman produktif yang tidak membahayakan masyarakat.

“Sementara untuk barang dagangan yang rusak tertimpa pohon ini, kita meminta para pedagang untuk membicarakan jalan keluarnya bersama para pengurus pasar dan dicarikan solusinya” tambahnya

Dari pantauan padangtoday.com dilokasi kejadian, selain merusak dua unit bangunan pasar yang ditempati pedagang untuk berjualan, penebangan pohon mahoni tersebut juga mengakibatkan kabel listrik di area tersebut menjadi terganngu, karena kabel listrik yang membentang di depan bangunan pasar jatuh akibat ditimpa pohon.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*