Popda Sumbar, Perguruan Dualisme Karateka Masa Depan Sumbar Dicoret

Suasana pertandingan karate Popda Sumbar nomor kata.

Suasana pertandingan karate Popda Sumbar nomor kata.

PADANG, PADANGTODAY.COM-Dualisme yang terjadi pada perguruan karate yakni Inkado Sumbar memakan korban atlet. Karate masa depan Sumbar dan Kota Padang, Andri “Kriwil” Fadlin Rifai yang tergabung dalam ,Induk Inkado ¬†dicoret dari peserta Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2015.

Tidak bisa tampilnya karate yang sudah sering mengharumkan nama Sumbar di iven karate nasional ini, sangat merugikan Kota Padang. Soalnya, Kriwil merupakan andalan Kota Padang untuk meraih prestasi pada cabor karate.

Tidak hanya itu, urungnya Kriwil tampil juga memukul mental karateka spesialis kata ini.

“Kita memang tidak memberikan izin, karena dia tidak masuk dalam perguruan yang diakui FORKI,” ujar sekretaris umum FORKI Sumbar, Alfira.

Dengan tidak tampilnya Kriwil, maka persaingan pada nomor kata Popda menjadi ketat. Soalnya, selama ini untuk kategori pelajar, Kriwil selalu menjadi yang terbaik.

Juara pada nomor kata putra Popda ini diraih karateka asal Kota Solok, Tri Kuncoro, setelah dalam laga puncak berhasil mengatasi perlawanan karate Tanah Datar Rifki Maulana. Posisi ketiga ditempati karateka Kabupaten Solok, Gilang usai menundukkan karateka Pesisir Selatan, Irfan.

“Kami cukup kecewa, keputusan ini tidak adil.Popda ini ajang untuk pelajar. Kriwil turun bukan mewakili perguruan tapi sekolah. Kami tidak habis pikir, persoalan organisasi di bawakan ke atlet. Jangan korbankan atlet yang ¬†potensi berprestasi di nasional,” ujar Ketua Umum Induk Inkado Sumbar.

Katanya, pada pelaksanaan Popda tingkat Kota Padang, dia bisa berlaga dan menjadi yang terbaik pada nomor kata. Untuk tingkat Sumbar ini, dia juga sudah mendapat rekomendasi dari FORKI Padang.

Sementara pada pihak panitia hanya melaksanakan hal yang disampaikan oleh FORKI. “Kita hanya menjalankan permintaan panitia,” ujar panitia pertandingan Pengprov FORKI Sumbar, Mukhtar Anwar.

Popda sendiri mempertandingkan beberapa cabang olahraga. Karate sendiri ditabuh di GOR Serbaguna KONI Sumbar, Selasa, (19/5). (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*