Duduk Di Atas Bantal Dipandang Sebagai Hal Yang Pamali

Duduk Di Atas Bantal Dipandang Sebagai Hal Yang Pamali

Duduk Di Atas Bantal Dipandang Sebagai Hal Yang Pamali

Advertisements

PADANGTODAY.COM-“Jangan duduk di atas bantal, nanti bisulan!” Kebanyakan masyarakat Indonesia, terutama Jawa, pasti pernah mendengar kalimat ini. Ya, duduk di atas bantal dipandang sebagai hal yang pamali atau tak baik dilakukan. Konon dipercaya, penyebabnya adalah duduk di atas bantal bisa membuat pantat jadi bisulan. Lantas, apakah anggapan ini benar atau sekedar mitos belaka?

Sejauh ini tak ditemukan adanya penelitian atau pembuktian medis yang mendukung anggapan tersebut. Tak ada kaitan ‘magis’ antara duduk di atas bantal dengan bisul yang tumbuh di pantat. Namun, secara medis bisulan akibat duduk di atas bantal bisa saja terjadi. Salah satunya disebabkan oleh kebersihan bantal yang digunakan untuk duduk.

Menurut Dr Arhtur Tucker, seorang ahli kesehatan dari Barts dan London NHS Trust, bantal di rumah adalah tempat yang paling ideal bagi berkembangnya kuman, bakteri, kutu debu, dan kotoran lainnya. Bantal bisa menjadi sarang baik minyak, kulit mati manusia, dan banyak hal lainnya. Karena itu, permukaan bantal bisa menjadi tempat yang sangat kotor, meski tak terlihat.

Dr David E. Bank, seorang ahli dari Center for Dermatology, Cosmetic & Laser Surgery, juga sependapat tentang hal ini. Menurutnya, bantal yang tak sering dibersihkan dan diganti bisa menjadi sarang bagi kotoran, kuman, bakteri, dan keringat. Jika terlalu sering digunakan dan tak dibersihkan, bukan tak mungkin bantal akan menyebabkan bisul atau jerawat, seperti dilansir oleh Huffington Post (03/12/13).

Hal ini berlaku tak hanya untuk bantal yang Anda gunakan duduk, tetapi juga bantal yang dipakai untuk tidur. Bantal tidur yang tak sering dibersihkan dan diganti bisa menyebabkan jerawat pada wajah. Sementara itu, tentu kebanyakan orang tak banyak memperhatikan kebersihan bantal yang mereka gunakan untuk duduk, atau bantal hias di ruang tamu. Kuman dan bakteri yang menempel pada permukaan bantal duduk ini bisa menyebabkan munculnya bisul, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau mudah ditumbuhi jerawat atau bisul.

Jadi, bila Anda lantas bisulan karena sering duduk di atas bantal, Jangan terburu-buru berpikir itu karena hal-hal supranatural atau sekedar karena pamali. Kemungkinan besar itu karena bantal yang Anda gunakan tak sering dibersihkan dan dalam keadaan kotor. (kun/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*