Dukungan Semua Pihak Sangat Menentukan Situasi Kamtibmas

Kapolres Pariaman foto bersama dengan masyarakat dan kapolsek Sungai Geringging.

Kapolres Pariaman foto bersama dengan masyarakat dan kapolsek Sungai Geringging.

PADANGPARIAMAN, PADANGTODAY.com-Menjaga situasi kamtibmas tidak dapat dilaksanakan oleh jajaran kepolisian. Namum, dukungan semua pihak sangat menentukan agar situasi kamtibmas berjalan dengan baik. Begitu juga dalam penegakan hukum, penekanan kasus kecelakaan lalulintas dan berbagai jenis narkoba serta yang lainnya.

Persoalan tersebut terungkap Kapolres Pariaman AKBP Riko Junaldy SIK melakukan pertamuan dengan tokoh masyarakat, adat, agama, bundo kanduang dan semua lampisan masyarakat se Kecamatan Sungai Geringging, Rabu kemarin. Pertemuan tersebut berjalan dengan penuh keakraban.

Meski Iptu Jasman baru 40 menjadi Kapolsek Sungai Geringging, namun situasi kamtibmas telah berjalan dengan baik. Bahkan disiplin anggota Polsek Sungai Geringging juga semakin meningkat. Saat itulah terungkap kalau polisi masuk sekolah sangat penting untuk memberikan pendidikan kepada anak sekolah.

“Disiplin anggota Polsek Sungai Geringging telah semakin baik. Atas dasar itulah kita Polsek Sungai Geringging segera membangun musalla di lokasi mapolsek ini. Sebab, musalla di polsek ini belum ada. Dengan ada musalla otomatis keimanan anggota semakin meningkat yang sejalan dengan disiplin anggota,” kata Iptu Jasman saat melakukan pertemuan dengan semua lampisan masyarakat wilayah hukumnya, kemarin.

Sementara itu, Camat Sungai Geringging Azwarman menyatakan, selama ini hubungan kemitraan Polsek Sungai Geringging bersama masyarakat telah berjalan dengan baik. Namun untuk lebih baik ke depannya, perlu pembangunan pos jaga di kecamatan ini. Sehingga situasi kamtibmas dalam kecamatan ini semakin terjaga.

Katanya, babinkamtibmas Polsek Sungai Geringging juga telah turun ke tengah-tengah masyarakat. Babikamtibmas telah berkerja keras dalam menjaga Kecamatan Sungai Geringging. Kondisi demikian terujut, karena kerja sama yang baik berjalan dengan baik dengan semua pihak dalam kecamatan ini.

“Kita berharap kondisi demikian harus berlanjut. Sehingga Kecamatan Sungai Geringging aman dan sejahtera. Aman Kecamatan Sungai Geringging tentu masyarakat dapat menjalankan roda perekonomiannya dengan baik. Kita sangat mendukung apa yang telah dilaksanakan Polsek Sungai Geringging selama ini,” ujarnya.

Kemudian Kapolres Pariaman AKBP Riko Junaldy menyatakan, ke depan semua polisi dalam jajarannya harus masuk sekolah dalam menjaga situasi kamtibmas dan memberikan pendidikan tentang penegakan hukum di lingkungan Polri semenjak usia dini.

“Dengan pendidikan tersebut kita dapat membasmi narkoba di tengah-tengah masyarakat. Sebab, berdasarkan informasi berbagai jenis narkoba telah masuk ke sekolah. Kita semua perlu merapatkan barisan dalam menekannya. Salah satunya program kita adalah polisi ( babinkamtibmas ) masuk ke sekolah. Kita meminta Kapolsek Sungai Geringging untuk berkerja sama dengan dinas pendidikan,” ujarnya.

Dikatakan, dengan pendidikan usia dini tentang Polri kepada anak sekolah tentu akan lebih baik. Sebab, mencegah dari pada melakukan penindakan akan sangat baik kondisinya ditengah-tengah masyarakat.

“Saya yakin kalau telah demikian berbagai jenis narkoba dapat kita tekat. Sebab, polisi yang akan masuk sekolah akan memberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba. Begitu juga tentang dampak dari kasus kecelakaan. Apalagi terlibat berbagai kasus narkoba dan tertimpa musibah kecelakaan dapat memiskinan manusia tersebut,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan, Riko Junaldi, saat ini negara Indonesia dalam kondisi gawat narkoba. Kondisi tersebut harus semua pihak membasmi. Tidak akan bisa polisi seorang membasmi narkoba. “Kalau tidak demikian tentu narkoba akan merabah sampai ke anak cucu kita nantinya,” paparnya.

Selanjutnya pada sisi lain Riko Junaldy menyatakan, pertunjukan artis-artis orgen tunggal berpakaian tidak boleh, karena dapat merusak generasi muda bangsa. Begitu juga di Kecamatan Sungai Geringging ini. Mari bersama-sama membasmi artis-artis berpakaian yang tidak wajar itu.

“Saya berharap kepada semua pihak terkait di Kecamatan Sungai Geringging ini untuk membahas persoalan tersebut. Semua itu penting agar generasi muda kita terlahir dengan generasi yang siap melanjutkan tongkat estapet pembangunan bangsa Indonesia yang lebih baik kedepannya,” ungkapnya.

Tambahnya, masyarakat diminta untuk terus menjalin kerja sama dengan Polri. Sehingga berbagai kasus yang dapat merusak mental generasi muda bangsa dapat ditekan. Peranan tokoh-tokoh masyarakat, adat, agama sangat penting bagi Polres Pariaman dalam menegakan peraturan perundang-undangan negara ini. “Berikan informasi kepada polisi, kalau ada prilaku yang menyimpang ditengah-tengah masyarakat, seperti peredaran narkoba,” ujarnya.

Membangun negara ini lanjutnya, harus dengan kebersamaan. Begitu juga dalam segala hal yang berhubungan untuk kelancaran program-program pembangunan bangsa ini. “Aparat keamanan bersama masyarakat membangun Kecamatan Sungai Geringging. Dengan demikian Kecaamatan Sungai Geringging berkembang bersama masyarakat dalam segala bidang. Salah satu bidang ketertiban dan keamanan selalu dalam kondisi aman dan lancar,” ulasnya.

Penguna Jalan Wajib Pakai Helem

Semua pengendara sepeda motor di jalan raya wajib memakai helem. Pengendara sepeda motor memakai helem untuk melindungi kepala, kalau terjadi hal-hal yang tidak diingini. Namun dalam wilayah hukum Polres Pariaman akan dilaksanakan secara presuasif bagi semua pengendara sepeda motor yang belum memakai helem agar memakai helem.

“Kita belum menindak, tapi kalau telah berulang kali kita akan tindak. Makanya, kita meminta kepada semua pengendara sepeda motor untuk mewajibkan memakai helem siang maupun malam hari. Kita meminta kesadaran kepada semua pengendara sepeda motor untuk memakai helem. Percuma kita tempatkan 100 orang petugas lalulintas di jalan raya setiap hari, kalau pengendara sepeda motor tidak sadar dalam tata tetib berlalulintas,” tandasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*