Duo Ferdy, Semir Sepatu di Payakumbuh

FERDY DAN FERDY - Semir Sepati di Payakumbuh

FERDY DAN FERDY – Semir Sepatu di Payakumbuh

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Hari ini, cukup sulit menemukan anak yang mau berusaha mencari tambahan belanja dan tidak memberatkan orang tuanya. Dua bocah, Ferdy dan Ferdy, nama yang sama, tapi orangnya beda. Sekolahnya pun beda, meski sama-sama duduk di kelas 4 SD.

Menemukan bocah yang mau berusaha, pagi tetap sekolah, siang hingga sore ia berjalan dengan rekannya mencari tambahan biaya hidup, sulit. Ferdy setia dengan profesinya ini sudah setahun lamanya.

Di salah satu kantor di komplek kantor Bupati Lima Puluh Kota di Payakumbuh, Ferdy sambil mengusap sepatu yang ditanganinya, dengan kain lap dan semir. Sepatu yang kumal itupun menjadi laksana baru dan mengkilap.

”Kadangkala kalau lagi beruntung, bisa dapat Rp35 ribu sehari. Kalau tidak mujur, hari hujan ke hujan saja. Ya, kalau hujan, tidak keluar rumah,” aku Ferdy datar.

Meski bekerja seusai sekolah, Ferdy dan Ferdy murid SD di Kota Payakumbuh ini selalu kompak jika keluar rumah. Dari rumahnya, tujuan utama mencari konsumen untuk semir sepatunya, justru spesifik.

”Kami khusus menyasar ke kantor-kantor. Sebab, biasanya, di sana orang lebih mau disemir sepatunya dibanding di pasar. Kalau di pasar, biasanya, kan sepatu dibawa jalan terus. Nanti berdebu lagi,” kata Duo Ferdy kembali datar.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*