e – Kelurahan Hadir Di Kota Padang Panjang

Padangpanjang, Padang-today – Saat ini Masyarakat Padang Panjang tidak perlu lagi bolak balik ke kantor kelurahan untuk mengurus berbagi macam urusan surat menyurat. Cukup dengan mengakses “e – Pemerintahan” di internet lalu sign in, dan memilih opsi Sumatera Barat, Kota Padang Panjang lalu memilih kelurahannya, maka kita bisa mengurus perizinan dan surat menyurat yang tertera pada aplikasi tersebut.

Advertisements

Bukan Hanya itu, surat ataupun perizinan yang diurus bisa dicek apakah sudah selesai diproses atau belum, tanpa harus pergi ke kelurahan untuk memastikannya.” Aplikasi ini sudah bisa diterapkan oleh warga kelurahan silaing bawah dan akan segera menyusul satu minggu berikutnya bagi masyarakat kelurahan lain yang ada di Kota Padang Panjang”, Kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sonny Budaya Putra saat acara Launching Implementasi e-kelurahan Pemko Padang Panjang, di Hall lantai III, Kantor Walikota, rabu (20/7)

Walikota Padang Panjang Hendri Arnis melalui staf ahli bidang Pemerintahan dan kesra Mufrida mengatakan bahwa aplikasi e-Kelurahan diharapkan menjadi bagian dan solusi untuk meningkatkan kualitas sekaligus mempermudah pelayanan kepada masyarakat kota Padang Panjang terutama segala yang berkaitan dalam bentuk administrasi yang dibutuhkan.“dengan adanya inovasi ini diharapkan pelayanan kepada masyarakat bisa semakin baik dan berkualitas”, katanya.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sonny Budaya Putra mengatakan bahwa Kehadiran E Kelurahan adalah tindak lanjut dari MOU Pemerintah Padang Panjang dengan PT.Telkom pada 13 Juli yang lalu. Inovasi e-Kelurahan adalah upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan pemerintah yang berbasis elektronik dalam rangka meningkatkan pelayanan publik secara efektif dan efesien.

“Selain itu masyarakat juga bisa mengirit biaya dan waktu dalam mengurus administrasi dan keperluan lainnya,” tambahnya.

Program e-Kelurahan di implementasikan di Padang Panjang juga mengingat banyaknya pengguna internet di bumi “Serambi Mekah” itu dari daerah lain yang ada di Sumbar.

“Melalui penerapan e-Kelurahan diharapkan dapat terwujud sistem menagemen dan proses kerja di lingkungan kecamatan dan kelurahan dengan memanfaatkan teknologi informasi”, ungkapnya.

Program e-Kelurahan, sebutnya, berbentuk aplikasi yang nantinya bisa online dengan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam berurusan.

“Masyarakat cukup menggunakan aplikasi e- kelurahan yang bisa langsung dari rumah masyarakat masing-masing,” ujarnya.

Namun jika masyarakat yang tidak memiliki aplikasi tersebut, bisa langsung ke Kelurahan setempat. “Untuk tahap awal kami akan menerapkan program ini di Kelurahan Silaing Bawah,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala Perwakilan PT. TELKOM wilayah Sumatera Barat melalui Kepala PT Telkom cabang Bukittinggi Adrian mengatakan bahwa e-Kelurahan yang ada di Kota Padang Panjang merupakan aplikasi yang pertama di Pulau Sumatera”.  e-Kelurahan yang berbasis Platform yang bisa terintegrasi dengan aplikasi lain baru ada di Sumatera yaitu di Kota Padang panjang, Sebelumnya sudah ada di kota Palembang namun berbasis Platform “,ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan dengan adanya e-Kelurahan maka masyarakat akan mendapatkan kepastian terhadap tahapan proses pelayanan publik di kelurahan. “e-kelurahan juga bisa di jadikan Tolak ukur kinerja dari aparatur di Kelurahan dalam melayani masyarkat”, katanya. (Rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*