WHO : Ebola Kali Ini Sangat Dahsyat  

Kmewabah-di-kongo-ebola-menggilaongo, PADANGTODAY.com – Dua orang di Kota Gera positif Ebola. Menteri Kesehatan Kongo Felix Kabange Numbi mengatakan sudah menggelontorkan dana demi pengadaan obat-obatan yang diperlukan bagi pencegahan epidemi ini. “Terutama untuk anak-anak dan wanita. Kami juga akan menggratiskan perawatan pasien Ebola,” ujar Numbi.

Advertisements

Sebuah laboratorium dan pusat karantina juga telah didirikan sekitar 750 kilometer dari Ibu Kota Kinsasha. Namun Numbi yakin wabah di Afrika Barat itu tidak berhubungan langsung dengan kedua pasien. Dari lima jenis virus Ebola ditemukan, empat di antaranya menginfeksi manusia yakni Bundibugyo, Zaire, Sudan, dan Tai Forest Ebolavirus tapi tak satu pun persis sama dengan virus yang menjangkiti dua orang Kongo ini.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan laboratorium mereka juga sedang menguji jenis baru yang ditemukan ini. Sepanjang sejarah virus, Ebola kali ini sangat dahsyat bahkan lebih parah dibanding pada 1976 Ebola menyerang Sudan dan Kongo.

Hingga kini WHO menetapkan sudah ada enam jenis Ebola meski di Afrika masih terbatas pada jenis Bundibugyo, Sudan, dan Zaire. Virus ini memang sangat mematikan dan bisa ditularkan melalui kontak langsung lewat darah atau cairan tubuh lain dari orang yang terinfeksi.

Pekan lalu sekitar 13 warga Kongo di wilayah Boende meninggal dan penyebabnya masih misterius. Namun dokter menduga itu hanya demam berdarah meski hingga kini masih dilakukan penelitian.

Wabah ini memaksa pelbagai negara Afrika membuat perubahan tindakan drastis. Pantai Gading misalnya, mereka menutup perbatasan dengan Guinea dan Liberia demi mencegah penularan Ebola. Demikian juga dengan Senegal. Mereka menutup seluruh tempat mencakup pesawat dan kapal yang bepergian ke wilayah Guinea, Sierra Leone, dan Liberia.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*