Edriana Optimistis Peran Perempuan Akan Semakin Baik Di DPR

Padang-today.com – Direktur Penelitian Women Research Institute Edriana Noerdin menyatakan kuota 30 persen perempuan wajib dipenuhi partai politik pada Pemilu 2019 ini membawa hal positif bagi calon legislatif (caleg).

“Berdampak positif bagi caleg perempuan yang akan bertarung pada Pemilu Legislatif April 2019,”kata Edriana di Padang.

Jika dilihat dari pemilu sebelumnya ada peningkatan jumlah caleg perempuan bertarung di Pemilu.

Jumlah anggota DPD-RI perempuan pada Pemilu 2004 tercatat 11 persen, kemudian pada 2009, jumlah anggota DRP RI perempuan naik menjadi 18 persen dari seluruh anggota legislatif.

“Kenaikan itu cukup signifikan. Adanya aturan 30 perempuan pada Pemilu 2019 tentunya menumbuhkan optimisme untuk bisa meningkatkan kuota perempuan sebagai anggota legislatif,”jelas Edriana.

Ia menyatakan, sekarang ini tidak ada lagi perbedaan kaum perempuan dan laki-laki di kancah politik.

“Kebanyakan orang sering memandang wanita sebelah mata kalau ikut dalam politik padahal banyak juga yang lebih percaya dengan kinerja wanita saat dia duduk di bangku politik,”katanya.

Ia menjelaskan, keterwakilan perempuan di parlemen wajib di wujudkan.

“Sekarang ini merasa optimistis peran perempuan akan semakin baik di DPR pada Pemilu 2019 untuk mengayomi kaum perempuan,”katanya.

Sebagaimana diketahui, masalah perempuan yang cukup banyak dan kompleks, ini merupakan tanggung jawab anggota DPR yang perempuan juga.

“Kita harus menggunakan kepekaan itu untuk menolong sesama kaum perempuan,”ungkap Edriana Noerdin.(der)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*