Edriana: Perlu Kolaborasi Ranah Dan Rantau Bawa Kemajuan Ekonomi Bagi Sumbar

Padang-today.com – Aktivis perempuan Edriana Noerdin juga politisi mengajak semua pihak untuk terlibat aktif mengelola potensi perantau Minang agar dapat memaksimalkan kemampuan berpikir dan materi untuk membangun Sumbar.

    “Kolaborasi antara ranah dan rantau bisa membawa kemajuan ekonomi yang luar biasa untuk Sumbar,”kata Edrian Noerdin ketika di Padang.

    Menurut Edriana, perlu dibangun dan konsilidasi dengan para tokoh nasional, untuk dapat akses program, kegiatan dan anggaran demi bangun kerjasama untuk kepentingan Sumbar di seluruh sektor.

   Dapat dibayangkan dampak ekonomi langsung dari mobilisasi masyarakat rantau akan Pulang kampung ke ranah saat libur Idul Fitri atau Idul Adha maupun hari-hari libur nasional lainnya.

    “Dampak ekonomi langsung ini potensi yang luar biasa untuk membangkitkan roda perekonomian ranah Minang,”pungkas Edriana Noerdin.

   Disamping itu lanjut dia agar perempuan memperoleh alokasi dana baik itu APBD maupun dana lainya guna peningkatan kesejahteraan dan mengembangkan UMKM mereka.

   “Alokasi dana di Sumbar harus lebih banyak diperuntukkan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama bagi keluarga tidak mampu yang mencapai sekitar 20 persen dari jumlah penduduk Sumbar,”kata dia.

Edriana menambahkan, ciri khas masyarakat Minang yang merupakan matrilineal , maka perempuan bisa berdaya secara ekonomi.

    “Kita tahu UMKM perempuan mempunyai potensi besar akan berdat pada sektor pariwisata, pertanian dan perdagangan di Sumbar,”pungkas dia.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas