Kegiatan Pariaman Gamstone Fair 2015 Ramai Dikunjungi

Wagub Sumatera Barat Kunjungi Kegiatan Gamstone di Kota Pariaman.

Wagub Sumatera Barat Kunjungi Kegiatan Gamstone di Kota Pariaman.

Advertisements

PARIAMAN, PADANGTODAY.com-Meski awalnya masyarakat mengira pelaksanaan gamstone di rumah tabuik Pariaman tidak akan ramai, namun kenyataan di luar dugaan. Bahkan para pengemar batu akik seluruh Indonesia berdatangan untuk mengikuti perlombaan tersebut.

Apalagi kegiatan Pariaman gamstone 2015 ini adalah komunitas masyarakat Kota Pariaman yang membantu mempromosikan potensi daerah. Tak heran antusias peserta kontes maupun peserta stand penjualan batu dan aksesoris membludak.

Pantauan Padangtoday.com di lapangan, mereka berasal dari luar Kota Pariaman. Bahkan salah seorang pengunjung berasal dari Amerika. Sehingga menjadi daya tarik pengunjung untuk datang ke arena kontes batu akik tersebut.

Ketua Panitia Pelaksanaan Yota Balat kepada Padangtoday.com menyatakan, peserta cukup antusias. Buktinya, panitia targetkan 400 orang peserta. Namun, peserta mencapai 700 orang. Artinya, peminat sangat tinggi ikut kontes ini.

Sementara itu, Walikota Pariaman Mukhlis R acara ini merupakan salah satu wujud kepedulian terhadap potensi pengembangan batu mulia di Kota Pariaman. Kemudian kontes ini memiliki makna yang strategis dan relevan dalam upaya menggugah dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam peningkatan ekonomi kreatif yang telah menjadi visi bersama dalam pembangunan Kota Pariaman.

“Apalagi batu mulia atau gemstone belakangan ini mulai banyak diminati. Uniknya jika dahulu batu mulia ini diminati oleh kalangan orang tua, kini batu mulia atau yang akrab kita sebut batu akik lebih banyak diminati oleh kalangan muda,” katanya dan Kabag Humas Pemko Pariaman Hendri kepada Padangtoday.com, kemarin.

Katanya, pecinta batu akik mulai menyebar dari berbagai kalangan, artis, kaya, miskin, maupun kalangan pejabat.

“Kita ketahui bersama, batu mulia (gamstone) berasal dari sejenis mineral silika berwarna dan berlapis, yang merupakan hasil dari proses alam, baik itu yang berasal dari perut bumi maupun yang berasal dari luar perut bumi. Batuan yang memiliki nilai yang tinggi adalah batuan yang mempunyai kekerasan tertentu dan kilauan yang indah,” ujarnya.

Di Kota Pariaman katanya, potensi usaha kerajinan batu mulia ini mulai berkembang di tengah-tengah masyarakat, yang tersebar di empat kecamatan yang ada. Dengan digelarnya kontes dan pameran batu mulia ini, Insya Allah akan dapat menjadikan sebagai momentum yang sangat berarti bagi peningkatan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Namun demikian memerlukan dukungan semua pihak. Sehingga usai kontes dan pameran ini memiliki makna yang strategis dan relevan untuk kemajuan Kota Pariaman yang lebih baik. Sehingga upaya kita pemko dalam menggugah dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam peningkatan ekonomi yang kreatif yang terus berkembang, khususnya dari sektor kerajinan batu mulia ini yang tengah booming di berbagai penjuru dunia,” ujarnya.

Ditambah lagi katanya, selama pameran tentunya semua berharap masyarakat akan semakin mengetahui jenis dan ragam batu mulia yang berasal dari daerah di Indonesia dan bukan produk dari luar negeri.

“Ini juga merupakan salah satu upaya kita bagaimana untuk menumbuhkan kecintaan kita terhadap batu mulia yang ada di Indonesia. Kita ucapan terima kasih kepada semua pesreta kontes. Kedepan tentunya kita berharap pelaksanaan kontes ini akan dapat lebih baik dan ditingkatkan lagi, lebih dimatangkan lagi, baik dalam segi persiapan-persiapan, kenyamanan lokasi, kenyamanan stand dan lain sebagainya,” ujarnya.

Acara gemstone tersebut dibuka Wakil Gubernur Sumatra Barat H Muslim Kasim dan ditutup oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar. Pembukaan dan penutupan dihadiri Walikota Pariaman Mukhlis R dan smeua SKPD di lingkungan Pemko Pariaman.
Bahkan semenjak dari awal pembukaan kontes ribuan masyarakat berdatangan siang malam untuk melihat pelaksanaan kontes batu akik tersebut. Sehingga membuat padat lokasi rumah tabuik subarang sampai ke jalan raya.

Berdasarkan hal itu, Genius Umar mengharapkan komunitas-komunitas masyarakat Kota Pariaman dan SKPD-SKPD Kota Pariaman dapat menggelar acara-acara yang dapat menarik wisatawan untuk datang ke Kota Pariaman.

“Dengan acara tersebut Kota Pariaman menjadi ramai. Dengan ramai masyarakat datang otomatis perekonomian masyarakat Kota Pariaman akan naik. Kenapa tidak, saat masyarakat ramai mereka belanjakan uangnya di Kota Pariaman. Saat itulah ekonomi masyarakat meningkat khusus pedagang,” tambahnya mengakhiri. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*