Empat Pilar Sosial Payakumbuh Dinilai Tim Pusat

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Empat pilar sosial Kota Payakumbuh yang maju kepenilaian tingkat nasional, telah dinilai tim pusat, Selasa (18/11). Sebagai wakil Sumatera Barat, satu dari empat pilar sosial itu, diyakini Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar, mampu merebut gelar juara. Walau begitu, Payakumbuh punya obsesi untuk merebut gelar juara keempat-keempatnya.

Advertisements

Wakil Walikota Suwandel ketika dihubungi, Jum’at (21/11), membenarkan, kalau keempat pilar sosial itu telah dikunjungi tim penilai yang terdiri dari Sapartina dan Windi dari Kementrian Sosial Republik Indonesia, yang juga didampingi Ermansyah dari Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat.

Keempat pilar yang dinilai, masing-masing Yanti Desvita (Pekerja Sosial Masyarakat dari Kelurahan Subarang Batung Kecamatan Payakumbuh Barat), Karang Taruna Perisai yang dikomandoi Latifah Maya Sari di Kelurahan Parik Muko Air, Organisasi Sosial Jalinan Kasih Bunda pimpinan Rasyidah Suwandel.

Sebelum ke lapangan, kedatangan tim ini disambut Wakil Walikota Suwandel Muchtar di Kantor Balaikota Bukik Sibaluik untuk selanjutnya bersama-sama menuju Kantor Yayasan Jalinan Kasih Bunda Payakumbuh (YJKBP) di Kelurahan Balai nan Duo.

Turut Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Elzadaswarman, Sekretaris Dinas Sosial Kota Payakumbuh Idris, Kepala Kantor Kemenag Salman, Ketua LKAAM Indra Zahur Dt. Rajo Simarajo, Camat Payakumbuh Barat Nurdal dan Camat Payakumbuh Selatan Herlina serta Pengurus yayasan dan masyarakat sekitar.

Dalam Sambutannya, Wakil Walikota mengucapkan selamat datang kepada Tim penilai dan berharap agar tim penilai dapat memberikan penilaian yang obyektif. Disamping itu, Wawako juga menjelaskan tentang ciri khas Kota Payakumbuh yaitu Kuliner malam dan berharap Tim dapat mencicipi jajanan tersebut. Di Akhir Sambutannya, Wawako juga mengharapkan agar YJKBP) dapat menjadi Juara Nasional.

Hal Senada juga disampaikan Kepala Dinas Sosial Kota Payakumbuh melalui Sekretaris Dinas Idris. “Yayasan ini meski tergolong masih baru, namun kegiatan yang diselenggarakan sangat banyak, dan yayaysan ini sangat aktif berperan dalam kegiatan sosial sehingga tidak salah kalau berhasil mewakili Sumatera Barat ke tingkat Nasional bahkan tidak menutup kemungkinan menjadi juara Nasional,” ungkapnya

Sementar Sapartina menyebutkan sebenarnya tim belum pantas disebut tim penilai yang melakukan penilaian , karena tim hanya mendengar ekspose dan melihat ke lapangan dalam waktu yang sangat sedikit. Namun lebih tepat jika dikatakan sebagai salah satu cara mempererat Silaturahmi dan mengunjungi yayasan yang telah diseleksi oleh tim provinsi.

Ditambahkannnya, tahun ini ada 30 provinsi yang mengirimkan utusan, dari 30 tersebut akan dipilih 3 besar dan juga dipilih 2 peserta yang memiliki program atau sasaran khusus sebagai salah satu penghargaan yang diberikan. Dari kegiatan ini diharapkan yayasan sosial yang ada di daerah dapat berkerjasama dengan pemerintah sebagai mitra yang baik.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*