Erwin Yunaz ke Batan, Payakumbuh Bakal Iradiasi Rendang

Erwin Yunaz ke Batan, Payakumbuh Bakal Iradiasi Rendang

Erwin Yunaz ke Batan, Payakumbuh Bakal Iradiasi Rendang

Jakarta, PADANG-TODAY.com-Wakil Walikota Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz, mengunjungi Kantor Pusat Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) pada Kamis, 18 Januari 2018. Kedatangan Erwin Yunaz bersama jajaran dari Dinas Lingkungan Hidup, Bappeda dan Dinas Pertanian dalam rangka tindak lanjut penandatangan kerja sama Batan bersama Pemerintah Kota Payakumbuh pada bulan Desember 2017 yang lalu.

Rombongan diterima oleh Eko Madi Parmanto, Kepala Biro Hukum, Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama, didampingi oleh Kepala Pusat Diseminasi dan Kemitraan, Ruslan, dan Kepala Pusat Rekayasa Fasilitas Nuklir, Mohammad Dhandhang Purwadi.

Pemerintah Kota Payakumbuh mengunjungi BATAN untuk mencari tahu lebih jauh, mengenai teknologi iradiasi dalam rangka menjaga kualitas bahan pangan maupun pengawetan panganan. Rendang, yang merupakan salah satu panganan khas Sumatera Barat banyak diproduksi oleh industri kecil di Payakumbuh, terlebih lagi Payakumbuh telah ditetapkan oleh Gubernur Sumatera Barat sebagai pusat industri produksi rendang.

Pemerintah kota Payakumbuh berharap, kerja sama dengan BATAN dapat menghasilkan solusi pengawetan rendang agar dapat mempertahankan kualitas hasil produksi dan memperluas pangsa pasar.

Payakumbuh memiliki industri kecil yang sangat potensial, ada 16.000 industri rumah tangga yang setiap harinya memproduksi panganan sebagai oleh-oleh khas Kota Payakumbuh.

“Kami sangat concern dengan hal ini, bagaimana mengupayakan agar industri ini dapat bertahan dan tumbuh menjadi industri menengah” ucap Erwin Yunaz.

Pemerintah Kota Payakumbuh ingin memulai kerja sama dengan menyosialisasikan teknologi nuklir ke masyarakat Payakumbuh, melakukan penelitian mengenai komoditas apa saja yang dapat diperlakukan dengan metode iradiasi serta merintis kemungkinan dibangunnya Iradiator Gamma di Payakumbuh.

Rombongan Wakil Walikota Payukumbuh selanjutnya melakukan kunjungan ke Iradiator Gamma Merah Putih di Puspiptek Serpong dan meninjau Pusat Aplikasi Radio Isotop di kawasan nuklir pasar Jumat.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas