Festival Marandang MNEK 2016, 100 Tungku dan Ikan Tuna Disiapkan

komando1

PADANG,PADANGTODAY.COM – Ada yang menarik dalam helat berskala internasional, Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2016 di Padang pada 10-14 April nanti. Festival Marandang akan menjadi kegiatan yang cukup menarik perhatian banyak pihak. Sebab, 100 koki kapal dari seluruh negara peserta akan memasak rendang yang merupakan kuliner khas Sumatera Barat.

“Dalam kegiatan MNEK 2016 ini akan ada Festival Marandang yang melibatkan seluruh koki kapal peserta,” ungkap Sekretaris Daerah Kota Padang, Nasir Ahmad, Rabu (6/4).

Festival Marandang kali ini bukanlah menggunakan bahan daging. Akan tetapi menggunakan ikan tuna.

“Peserta akan marandang ikan tuna, bukan randang daging,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi.

Menurut Medi, nantinya akan disiapkan sebanyak 100 tungku sebagai wadah untuk memasak rendang. Tidak hanya itu, ikan tuna segar juga disiapkan.

“Kita menyiapkan 100 kilogram ikan tuna untuk nantinya mereka masak,” paparnya.

Medi mengatakan masing-masing koki akan dipandu oleh duta wisata Kota Padang dalam memasak rendang. Peserta akan diajarkan cara mengolah bumbu yang disediakan hingga menjadi rendang.

“Kegiatan ini kita pusatkan di Pantai Cimpago pada 13 April,” paparnya.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang termasuk SKPD yang ikut terlibat penuh dalam MNEK 2016. Tidak saja menggelar Festival Marandang, sejak awal kegiatan, dinas yang dipimpin Medi Iswandi ini juga menggelar sejumlah acara.

“Pada penyambutan tamu dan kedatangan Presiden RI di BIM, kita menyiapkan tari gelombang, tari pasambahan dan lainnya,” kata Medi.

Setelah itu, juga digelar selaju sampan. Kegiatan ini dilakukan di Banda Bakali yang melibatkan 30 tim. “Menariknya akan ada eksebishi selaju sampan antar peserta MNEK,” tukuk Medi.(ch/can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas