FKS, Jadikan Hidup Bersih dan Sehat Sebagai Kebutuhan

Ketua FKS Rahmat Tk Sulaiman (kanan) didampingi Ketua Perencanaan & Evaluasi Sukiman, Ketua Advokasi dan Humas Zakirman Tanjung (kiri) dan Sekcam Ulakan Tapakis Ir Akniati (tengah).

Ketua FKS Rahmat Tk Sulaiman (kanan) didampingi Ketua Perencanaan & Evaluasi Sukiman, Ketua Advokasi dan Humas Zakirman Tanjung (kiri) dan Sekcam Ulakan Tapakis Ir Akniati (tengah).

Padang Pariaman, PADANGTODAYT.com-Ulakan Tapakis (27/10/2014). Tim Forum Kabupaten Sehat (FKS) Padang Pariaman melakukan sosialisasi program ke kecamatan-kecamatan. Sasaran pertama yang dikunjungi adalah Kecamatan Ulakan Tapakis. Sosialisasi bertempat di aula kantor camat setempat, Senin (27/10).

Tim yang dipimpin langsung oleh Ketua FKS Rahmat Tk Sulaiman, beranggotakan Sekretaris FKS Nofriyanti SP, M.Si, Basiarni S.SIT, Zakirman Tanjung, Sukiman, Andri Satria Masri, SE, ME dan Nur Eliza, SE. Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kecamatan Ulakan Tapakis, Ir. Akniati.

Sewaktu memberikan arahan, Ketua FKS Rahmat Tk Sulaiman menjelaskan, sosialisasi itu sekaligus dimaksudkan untuk melakukan peningkatan kapasitas bagi Pengurus Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FK-KS) serta membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Nagari Sehat.

Menurutnya, program kerja FKS lebih banyak berupa kegiatan mendorong dan memotivasi masyarakat agar berperilaku hidup bersih dan sehat. Dalam hal ini setiap keluarga atau rumahtangga diharapkan sekaligus difasilitasi agar membenahi rumah dan lingkungan masing-masing.

Ia juga mengingatkan, dalam membangun dan melengkapi perabotan rumah hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan, bukan menuruti keinginan. “Oleh sebab itu, mari kita jadikan hidup bersih dan sehat itu sebagai kebutuhan,” katanya mengajak.

Terkait Ulakan Tapakis sebagai Kecamatan Sayang Ibu (KSI) yang mewakili Kabupaten Padang Pariaman pada lomba tingkat Provinsi Sumbar, Rahmat mengharapkan setiap rumahtangga memiliki fasilitas kamar mandi dan tempat buang air besar. Jika masih ada yang belum, FKS bersama FK-KS dan Pokja Nagari Sehat akan memfasilitasi.

Usai sosialisasi, Sekretaris FKS Nofriyanti menyebutkan, kegiatan sosialisasi ini akan dilakukan pada 11 kecamatan dengan rincian dua kecamatan pilot proyek dan Sembilan lainnya kecamatan binaan. Oleh sebab itu, kegiatan akan berlangsung hingga 10 November mendatang.(dil/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas