Forikan Sumbar Siap Dukung Fish For Baby

Ketua Forikan Provinsi Sumbar, Ibu Nevi Irwan Prayitno saat menghadiri kegiatan penilaian lomba Forikan, Paud dan lomba rumah makan Tingkat Provinsi Sumbar, di Padang Laweh Selatan, Kabupaten Sijunjung, Jumat (20/5).

Ketua Forikan Provinsi Sumbar, Ibu Nevi Irwan Prayitno saat menghadiri kegiatan penilaian lomba Forikan, Paud dan lomba rumah makan Tingkat Provinsi Sumbar, di Padang Laweh Selatan, Kabupaten Sijunjung, Jumat (20/5).

Sijunjung, PADANG-TODAY.com-Dalam upaya memfasilitasi percepatan peningkatan konsumsi ikan pada masyarakat terus menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Hal tersebut seiring dengan telah terbentuknya Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) di 19 Kabupaten/Kota di provinsi ini.

Ketua Forikan Provinsi Sumbar, Ibu Nevi Irwan Prayitno mengingatkan bahwa penting bagi ibu-ibu rumah tangga untuk mengerti kebutuhan nutrisi sehat. Hal tersebut diungkapkannya saat menghadiri kegiatan penilaian lomba Forikan, Paud dan lomba rumah makan Tingkat Provinsi Sumbar, di Padang Laweh Selatan, Kabupaten Sijunjung, Jumat (20/5).

“Pengetahuan akan nutrisi yang sehat dan berimbang sangatlah diperlukan terutama sekali bagi ibu-ibu rumah tangga dalam mengkreasikan menu keluarga sehari-hari.  Perhatian terhadap komposisi gizi yang sehat dan berimbang harus lebih diutamakan. Selama ini kita kurang begitu memperhatikan pentingnya menu yang sehat dan berimbang serta bagaimana cara penyajiannya,” sebut Nevi.

Pada kegiatan kunjungan tersebut, Ketua Forikan Sumbar didampingi Bupati Sijunjung Yuswir Arifin beserta isteri Ibu En Yuswir Arifin selaku Ketua Forikan Kabupaten Sijunjung, kepala SKPD terkait, serta Tim penilai Lomba Forikan tingkat Sumatera Barat dan lomba rumah makan yang menyajikan menu ikan.

“Penilaian  yang dilakukan bertujuan untuk melihat sejauh mana keaktifan daerah dalam memberikan informasi yang benar tentang manfaat mengonsumsi ikan secara luas kepada masyarakat. Itulah yang dinilai tim penilai lomba ini,” ujar Ibu Nevi Irwan Prayitno yang pada kunjungannya ke lokasi lomba Forikan di Rumah Makan Anak Amak dan mendatangi TK N 2 Padang Laweh Selatan,  di kabupaten Sijunjung.

Menurut Nevi, program utama Forikan daerah yang diusulkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI tahun 2016 yaitu Fish For Baby, merupakan program peningkatan nutrisi pada anak sejak dini. Pemberian asupan protein yang bersumber dari ikan sejak 1000 hari pertama kehidupan. Juga ada program Fish For School, implementasi penyediaan makanan berbahan baku ikan ditingkat PAUD, SD dan SMP melalui kantin sehat.

“Kami ikut berbangga Kabupaten Sijunjung merupakan pemenang I Lomba Forikan dan lomba Implementasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) pada kurikulum PAUD Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2015. Semoga prestasi tersebut dapat dipertahankan dan ditingkatkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ibu Nevi Irwan Prayitno menjelaskan, Forikan akan mendukung dan mensukseskan Hari Ikan Nasional ke-3 tahun 2016 melalui kampanye manfaat makan ikan, dengan berkolaborasi melalui kegiatan kebudayaan atau wisata, hari ulang tahun daerah, hari ulang tahun media sehingga menghasilkan efek publikasi luas kepada masyarakat.

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin sangat mengapresiasi segala kegiatan yang telah dilakukan Forikan selama ini. Menurutnya, itu  tidak hanya berdampak pada peningkatan makan ikan saja, namun memberikan efek pada kegiatan lainnya, seperti peningkatan permintaan ikan untuk dikonsumsi, serta peningkatan pada pembudidayaan ikan serta pemasarannya.

“Forikan Sijunjung telah melakukan terobosan bersama SKPD terkait pelaksanaan program-program serta inovasi terbaru dalam meningkatkan dan menyemarakkan Gemarikan. Itu tak terlepas dari kontribusi dan sinergi dari Dinas Peternakan, Perikanan, Pendidikan, Kesehatan, serta dinas terkait lainnya,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Forikan Sijunjung Ibu En Yuswir Arifin menyatakan Kabupaten Sijunjung telah mensosialisasikan Gemarikan dengan meberikan terobosan dan inovasi baru seperti outbound bagi anak PAUD yang dilaksnakan di Balai Benih Ikan (BBI), seperti Fish for School serta kelas ibu balita di Posyandu.

“Kami berharap dapat mempertahankan peringkat sebelumnya dan meningkatkan lebih baik lagi Gemarikan dan mengkonsumsi ikan pada masyarakat,”ungkapnya.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas