FPG, Upaya Menggerakan Ekonomi Pariaman

Padang-today.com__Pariwisata adalah salah satu faktor penggerak ekonomi dan memberdayakan masyarakat, dan saat ini pemerintahpun telah mengakui potensi kemajuan ekonomi yang dapat dilakukan oleh industri pariwisata yang tangguh.

Berkaca dari kenyataan tersebut pemerintah Kota Pariaman menggelar Festifal Pesona Gandoriah dari tanggal 30 Juni sampai dengan 3 Juli mendatang. Potensi pariwisata diyakini menjadi salah satu motor penggerak bisnis suatu daerah.

Namun sebaliknya, suatu daerah yang telah mempunyai potensi kepariwisataan tetapi tidak mampu dalam memanfaatkan peluang pada sektor yang satu ini akan tertinggal dari daerah lain yang telah lebih dahulu maju selangkah.

Untuk itu, semua pemangku kepentingan harus serius menata industri pariwisata, semua sumber daya dan strategi harus dikerahkan.

Seperti yang dilakukan pemerintah Kota Pariaman, sadar daerahnya tidak mempunyai sumber daya alam yang bisa dikelola untuk industri dan hanya mempunyai pariwisata, maka Kota Tabuik tersebut berusaha memanfaatkan dan mengelola pariwisata sebagai sumber pendapatan daerah dan peningkatan taraf hidup masyarakatnya.

“ Kota Pariaman hanya memilki wisata pantai yang indah, selain destinasi wisata lainya. Kota Pariaman tidak memilki perusahaan-perusahaan atau Industri yang cukup menopang kehidupan ekonomi massyarakat. Nah, dengan adanya potensi wisata seluruh pemangku kepentingan harus dapat memanfaatkan dan mengelola sebagai sumber pendapatan daerah dan meningkatkan ekonomi masyarakat itu sediri,” Kata Yulirman pengunjung pantai gandoriah dari Jakarta, Sabtu (29/06)

Ia dengan sengaja membawa keluarganya untuk berlibur kekampung agar dapat menikmatai indahnya pariwisata Kota Pariaman yang selalu didengung-dengungkan oleh perantau di Jakarta.

“ Kebetulan saya bersama keluarga lagi libur sekolah, anak-anak meminta untuk pulang kampung sembari menikmati indahnya Pantai Gandoriah Pariaman,” ujarnya.

Tidak dipungkiri, kata dia, Kota Pariaman tidak mempunyai Sumber Daya Alam yang bisa dikelola untuk industri. Dengan adanya wisata itu, Kota Pariaman dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“ Hanya Pariwisata yang dapat di manfaatkan dan kelola sebagai sumber pendapatan daerah dan peningkatan taraf hidup masyarakat. Semuanya ini harus dikelola dan dimanfaatkan secara serius dan matang,” ujarnya.

Ia mengatakan, Pemerintah Kota Pariaman telah mengagendakan program wisatanya dalam dalam bentuk promosi di dalam kalender tahunan Kunjungan Wisata. Hal seperti ini adalah salah satu penunjang bagi pemerintah Kota Pariaman dalam menarik wisata di daerah itu.

Artinya, kata dia, disaat wisatawan berpikir tentang tujuan liburan ke Pariaman, terlintas dibenak wisatawan Kalender Event Wisata Kota Pariaman, program wisata pada bulan ini sudah dapat menjawab apa yang diinginkan oleh wisatawan itu.

“ Kota Pariaman telah maju dalam pariwisata di Sumbar, untuk itu seluruh elemen masyarakat harus bersinergi dengan pemerintah dalam pengelolaan pariwisata ini,” kata dia.

Dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung, secara tidak langsung akan meningkatkan PDRB di tengah masyarakat, dan akan terbentuk kelompok-kelompok pemuda yang sadar wisata. Apabila semakin banyak anak-anak muda yang mengerti tentang pariwisata, dan masyarakat akan merasakan peningkatan perekonomian dari sektor pariwisata.

Maka untuk menjadikan Kota Apriaman sebagai Destinasi baru pariwisata baik di Sumatera barat, di Indonesia bahkan sampai mancanegara dapat diwujudkan. “ Yang penting ada kemauan dan serius dalam hal ini,” ujarnya.

Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan, pihaknya telah mengartikulasikan visi masa depan yang cerah, dengan pembangunan destinasi-destinasi wisata di Kota Pariaman yang paling menakjubkan menjadi taman wisata keluarga di daerah itu.

“ Tepatnya pada hari ini Sabtu 29-06-2019 Pemerintah Kota pariaman menggelar Festival Pesona Gandoriah di Pantai Gandoriah,” ujar Genius pada saat membuka Festival itu.

Fesital Pesona Gandoriah sudah lima kali diadakan dengan tahun ini. Dengan adanya program tersebut dapat membawa geliat positif untuk kemajuan ekonomi mayarakat dan daerah.

Ivent-ivent seperti ini diharapkan mampu mendatangkan wisatawan lebih banyak lagi. Sehingga Pariaman semakin ramai dikunjungi. Ia menambhakan, pihaknya terus mengembangkan objek wisata unggulan, selain Pantai Gandoriah dan Pulau Angso Duo, nantinya juga dikemabngkan pariwisata di Pulau Tanggah.

Festival Pesona Gandoriah ‘FPG’ kali ini menyajikan kepada wisatawan seperti lomba beruk memetik kelapa, lomba memasak sate dan sejumlah lomba menarik lainya.

FPG itu dibuka secara resmi oleh Walikota Pariaman Genius Umar ditandai dengan pemukulan gendang oleh Wako bersama Forkompimda. Acara tersebut berlangsung dari 30 Juni hingga 3 juli 2019. (Herry Suger)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas