Fraksi PAN DPRD; Ranperda OTK Ancam Mematikan Pembangunan

Fraksi PAN Hurisna Jamhur

Fraksi PAN Hurisna Jamhur

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Nota penjelasan Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, terhadap 9 Ranperda, khususnya Ranperda tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD Kota Payakumbuh, mendapat tanggapan serius dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN).

Melalui juru bicaranya, Hurisna Jamhur, dalam rapat paripurna DPRD Kota Payakumbuh, Rabu (4/2) di ruang sidang DPRD setempat, politikus perempuan terkenal cukup vokal itu dengan lantang mempertanyakan apa alasan dan tujuan Ranperda tersebut.

“Terjadinya penambahan jabatan Asisten Sekda dari 2 menjadi 3, dan penambahan staf ahli dari 3 menjadi 5, pada hakekatnya juga diikuti dengan penambahan fasilitas seperti tunjangan jabatan, mobil dinas dan fasilitas lainnya, yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi besarannya terhadap komposisi belanja pegawai. Dalam arti kata, alokasi dana untuk pembangunan semakin berkurang. Dari alasan tersebut dapat disimpulkan penambahan staf ahli belumlah mendesak.” sebut Hurisna Jamhur.

Dikatakannya, sudah menjadi rahasia umum bahwa, jabatan staf ahli hanyalah sebagai pelengkap dan menjadi terminal bagi para pejabat, karena selama ini para staf ahli belum mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan kinerja pemerintah kota.

Hurisna Jamhur juga menyinggung sekaligus mempertanyakan usaha Pemko untuk mendapatkan pejabat yang profesional melalui lelang jabatan seperti halnya dilakukan Pemko untuk jabatan direktur PDAM Kota Payakumbuh.

“ Fraksi PAN berbaik sangka bahwa, upaya yang dilakukan Pemko bukan hanya sekedar ikut-ikutan apa yang telah dilakukan Gubnerur DKI, atau mungkin, suatu usaha pembenaran  melindungi satu kebijakan. Kekhawatiran kami ini cukup beralasan, karena usaha fit  and propertest yang dilakukan terhadap calon pejabat, seolah-olah hasil yang dicapai tidak menjadi pertimbangan atau setidak-tidakinya tidak mempunyai alasan kuat menempatkan seorang pejabat pada suatu jabatan tertentu dengan mempedomani hasil tes and proper test” ujar Hurisna Jamhur.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*