Freesca: Tingkatkan SDM Guna Menunjang Produktivitas Perekonomian

     Padang-today.com – Jerman Development Globale Programme Migration and Diaspora (GIZ) siap memberikan training dan pelatihan guna peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan produktivitas perekonomian Kota Padang.

“Program yang didanai oleh Pemerintah Jerman dan dilaksanakan oleh German
Development Cooperation (GIZ),
bertujuan untuk meningkatkan daya saing di daerah dengan memberikan training dan pelatihan guna peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan produktivitas perekonomian Kota Padang,”kata Wakil Ketua Indonesia-Maroko Bisnis Consul,  Freesca Syafitri di Padang.

  Menurutnya, Di sinilah para tenaga ahli Indonesia lulusan Jerman dan diaspora Indonesia di Jerman dapat mengambil peran kolaboratif sebagai agen pembangunan.

   Bersama dengan aktor pembangunan daerah (misalnya Lurah/Kepala Desa, UMKM, tokoh masyarakat, siswa, LSM lokal, dll.), pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman mereka yang dibawa dari Jerman akan membantu desa/kelurahan untuk menjadi lebih baik dan mendukung agenda pembangunan nasional, termasuk di Sumatera Barat dengan cara yang lebih bermakna.

   “Program ini telah sangat berhasil dalam memfasilitasi alumni Jerman yang terlatih
untuk kembali ke Indonesia dan berbagi pengetahuan dan keahlian mereka untuk
Indonesia yang lebih baik. Hal yang sama juga bisa dimanfaatkan oleh pemangku
kepentingan di Sumatera Barat,”ujar dia.

   Kota Padang khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya, terkenal dengan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan bisnis yang banyak namun sayangnya belum termanage dengan baik.

“Produk kita tak kalah dengan dengan daerah lain maupun negara lainnya di dunia. Tapi, pelaku usaha tidak mengerti cara mengemas produk dengan bagus hingga menjaga kontinitas pun belum bisa,” kata Freesca Syafitri yang juga alumni Jerman

    Sebagai, perempuan asli ranah minang, Freesca Syafitri ingin produk dari tanah kelahirannya dikenal dan diminati pasar baik dalam negeri maupun luar negeri. Untuk itulah berbagi ilmu dengan memberikan pelatihan.

“Saya ingin memasarkan produk tanah kelahiran, kepada mereka diluar sana,”pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas