Fungsi Terpenting dari Lampu Kabut atau Fog Lamp

Lampu Kabut atau Fog Lamp.

Lampu Kabut atau Fog Lamp.

PADANGTODAY.COM-Lampu kabut atau fog lamp dipasang di bemper depan dan belakang tentu saja punya fungsi penting. Tugas utama komponen tersebut ada dua, pertama untuk menambah daya pengelihatan di kala hujan. Kedua, untuk menambah tampilan mobil jadi lebih bergaya.

Jika di mobil Anda belum disematkan komponen tersebut, barang aftermarket bisa jadi alternatif. Tapi, dalam memilih lampu kabut juga butuh kejelian. Menurut Hendra punggawa toko aksesori Automania, biasanya lampu kabut standar dijual dengan bohlam biasa dengan nyala lampu kekuningan. Tapi, sebagian konsumen biasa mengganti bohlam dengan HID Xenon dengan nyala lebih terang tetapi bercahaya keputihan.

“Sebenarnya fog lamp yang lebih ideal itu tetap menggunakan bohlam halogen, karena daya pandang pada waktu hujan atau berkabut daya tembus cahaya kekuningan lebih baik ketimbang putih,” jelas Hendra.

Di pasar, terdapat berbagai pilihan lampu kabut purna jual. Beberapa produk buatan China, jelas Hendra, biasa dibanderol antara Rp 400.000-Rp 600.000 sepasang. Sedangkan untuk buatan Taiwan, sekitar Rp 700.000-Rp 1 juta per pasang, tergantung jenis mobil.

(afh/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas