Genius Umar, Bantuan Agar Dimanfaatkan Untuk Peningkatan Ekonomi Keluarga

Padang-today.com___Dengan adanya bantun diberikan kepada nelayan ini, agar nelayan di Kota Pariaman, Sumbar dapat hidup sejahtera, seperti masyarakat lainya.

“Bantuan ini agar dimanfaatkan untuk nelayan dan penjual ikan untuk peningkatan ekonomi mereka,” kata Walikota Pariaman Genius Umar pada saat menyerahkan bantuan untuk nelayan dan pedagang ikan di Kota Pariaman, Selasa 22-01-2019.

Kata Grnius, Bantuan itu diharapkan dapat dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi keluarga, yang nantinya akan berimbas kepada peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat, sehingga angka kemiskinan di kota pariaman, akan semakin berkurang.

Tujuan diberikannya bantuan ini adalah untuk menjaga kualitas ikan agar sampai ditangan konsumen dalam keadaan baik dan layak dikonsumsi sebagai bahan makanan.

“Tujuan lainya adalah untuk Meningkatkan pendapatan dan taraf hidup nelayan, Meningkatkan perluasan lapangan kerja, serta kesempatan usaha, dan produksi usaha perikanan tangkap di sekitar kota pariaman”, kata dia.

Selain pengembangan pariwisata, Kota Pariaman merupakan salah satu Kota yang memiliki perairan laut yang sangat potensial.

Kondisi tersebut didasari  oleh potensi  wilayah pesisir dan kelautan yang kita miliki.  Karenannya diperlukan penyesuaian fokus pembangunan daerah pada sumber daya pesisir dan kelautan.

“Kedepan kita akan sinkronkan pengembangan perekonomian untuk daerah kita, mulai pembangunan pasar pariaman, pembangunan mesjid terapung, kedepan kita akan berupaya untuk pembangunan pelabuhan di sunur, serta kita akan terus berupaya untuk menarik investor dalam membangun Hotel yang representatif di Kota Pariaman”, ujarnya.

Ia menyakini, apabila 4 hal tersebut telah tercapai, maka Kota Pariaman akan dapat berlari dengan kota besar lainya di indonesia, dan menjelma menjadi destinasi dan pertumbuhan ekonomi baru di pesisir barat sumatera.

Bantuan yang diberikan kepada nelayan dan penjual hasil tangkap perorangan dan kelompok itu berupa sebanyak 9 buah Becak motor roda tiga, 20 buah mesin long tail, 80 buah Fish Box dan 20 paket alat penangkapan ikan jaring (gill net).

Sebelumnya, pihak Pemko Pariaman menerima masukan dan proposal dari para nelayan dan kelompok serta para penjual hasil tangkap, sehingga dari proposal tersebut kita membuat kebutuhan apa yang diperlukan oleh mereka, dan pada hari ini, pihaknya dapat merealisasikan permohonan nelayan didaerah itu.

Bantuan ini juga merupakan hasil dari Pokok Pikiran (Pokir) dari anggota DPRD Kota Pariaman, dimana ada 5 anggota Dewan yang mengajukan Pokirnya untuk kegiatan ini di anggaran APBD P Kota pariaman 2018 kemaren, dimana kelima anggota dewan tersebut adalah Reza Saputra, Hamdani, M. Yasin, Jonasri dan Nasril, ucap Dasril.

Diakui, untuk tahun 2019 ini, pihaknya sedang berupaya untuk memberikan bantuan kembali kepada para nelayan beserta kelompok dan penjual hasil tangkap, yang pada kali ini belum menerima bantuan, sehingga para nelayan yang ada di Kota Pariaman, dapat menerima bantuan tersebut.

Ia berharap, kepada para penerima bantuan tetsrbut agar dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

Artinya, bantuan itu dirawat dan dipelihara, tidak boleh digunakan untuk kegiatan lainya, apalagi dialih fungsikan serta diserah terimakan kepada yang lain.

Apabila ada temuan dari pihak pemko yang tidak meindahkan aturan yang dibuat pemko, pihaknya tidak segan-segan untuk menindak dan bantuan itu akan ditarik kembali. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas