Genius Umar Canangkan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan tingkat Kota Pariaman tahun 2018

Padang-today.com____Berhasilnya program Keluarga Berencana (KB) dan Kesehatan, tidak terlepas dari Pola Kemitraan yang dilaksanakan antara Pemerintah Daerah dengan stkeholder terkait, dimana hal ini telah dibuktikan di tingkat pusat, bagaimana BKKBN bermitra dengan seluruh institusi dan lembaga terkait, sehingga dapat mengontrol jumlah penduduk dan perbaikan kesehatan yang ada di indonesia.

“Kemitraan dalam program KB dan implementasi kegiatan KB dan Kesehatan itu penting, bagaimana dari tingkat pusat sampai ke tingkat Desa/Kelurahan, terpadu untuk menjalankan program KB Kesehatan ini”, ujar Walikota Pariaman, Genius Umar ketika mencanangkan dan membuka Rapat Kesepakatan Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan, tingkat Kota Pariaman tahun 2018, di Aula Balaikota Pariaman, Senin (5/11).

Beliau menekankan perlu dan pentingnya Kemitraan dalam mendukung program KB Kesehatan dari semua lini, dimana OPD dan instansi vertical pemerintahan seperti TNI dan Polri, dan lainya, saling bekerjasama berkoordinasi dalam mensukseskan program ini.

“Bagaimana kita di Pemerintah Kota Pariaman saat ini bersama-sama mencanangkan kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan, mulai dari Ketua DPRD, Polri, TNI, Dinas DP3AKB kota Pariaman, Dinas Kesehatan, sampai Camat, Kepala Desa/Lurah dan Kader PKK dan Posyandu serta Ketua Dasawisma, sehingga program KB Kesehatan ini, benar-benar dapat kita sukseskan”, tuturnya.

Genius Umar juga mengapresiasi peran PKK dalam membina Desa dan kadernya, sehingga Kota Pariaman, selalu mendapatkan prestasi mulai di tingkat Provinsi Sumatera Barat, sampai ketingkat Nasional.

“Kesatuan gerak PKK-KB-Kes adalah intensifikasi peran PKK dalam program KB Nasional dan Pembangunan Kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, dalam rangka membangun keluarga yang sejahtera”, tutupnya.

Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius mengatakan tujuan yang ingin diraih adalah meningkatkan capaian target-target program KB dan Kesehatan melalui gerakan PKK. Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan di Kota Pariaman tahun 2018-2023, dititikberatkan pada Revitalisasi PKK disemua lini.

“Kami mengajak kepada kita semua yyang hadir, untuk terus berperan aktif, mengatasi persoalan-persoalan kesehatan dan kependudukan untuk mewujudkan Kota Pariaman yang sehat dan sejahtera”, tukasnya.

Istri walikota pariaman ini juga mengungkapkan, agar selama dilaksanakanya kesatuan gerak PKK KB Kesehatan di Kota Pariaman, hendaknya nanti akan tumbuh kelompok dasawisma baru, serta meningkatkan peran aktif dasawisma, menumbuhkan Lingkungan Bersih Sehat (LBS) dan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) di Kota Pariaman, semakin meningkat.

“Kita juga mengajak, agar ada peningkatan KB Pria selama digelarnya Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan di Kota Pariaman ini, sehingga target capaian KB pria, khususnya MOP, dapat tercapai dan trus meningkat”, pintanya mengakhiri.

Pencangan ini, ditandai dengan dipukulnya gong oleh Walikota Pariaman, Genius Umar, didampingi para tamu dan undangan yang hadir.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, Ketua DPRD Kota Pariaman, Faisal, Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar,  Syahrudin, Forkopimda Kota Pariaman, Wakil Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ny. Indriati Mardison dan Ny. Kartini indra Sakti, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kabag, Camat, Kepala Desa/Lurah se Kota Paraman, dan kader PKK dan Posyandu, serta Ketua Dasawisma yang ada dari tingkat Kota, Kecamatan sampai Desa/kelurahan. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas