Genius Umar, Dengan Goro Dapat Menumbuh Kembangkan Rasa Kebersamaan

Padang-today.com___Semangat bergotong royong sebagai ciri khas bangsa indonesia, yang saat ini mulai luntur, perlu kita giatkan kembali.

“Dengan semangat kegotong royongan ini kita dapat menumbuh kembangkan yang telah menjadi ciri khas kita,” kata Walikota Pariaman Genius Umar saat membersihkab aliran sungai, Jawi-jawi II Pariaman, Minggu, 13-01-2019.

Katanya, Dengan adanya kegiatan gotong royong (Goro) membersihkan aliran sungai itu dapat menghidupkan dan mengiatkan budaya Goro di daerahjya itu.

“Kita harapkan dapat kita giatkan dan kita gilirkan di tiap desa dan kelurahan yang ada di Kota Pariaman, untuk memasyarakatkan kembali Goro di tengah masyarakat,” ujarnya.

Goro kali ini, dengan melibatkan seluruh stake holder, baik pejabat maupun warga biasa, mulai dari walikota, wakil walikota, Forkopimda, TNI, jajaran OPD Pemko Pariaman dan masyarakat sekitar.

“Semangat kebersamaan Goro ini telah 2 kali kita laksanakan, dimana untuk yang pertama kita laksanakan Goro dari Desa Santok sampai Desa Jati di Kecamatan Pariaman Timur, kita juga membersihkan aliran irigrasi yang ada disana, dan kali ini di Kelurahan Jawi-Jawi II, kecamatan Pariaman Tengah”, ujarnya.

Genius Umar juga mengapresiasi masyarakat dan seluruh stake holder yang terlibat, serta Ketua LPM Kelurahan Jawi-Jawi II, Yulhendri, yang mempelopori dan menggagas ide untuk membersihkan aliran sungai batang air pam pan ini.

“Kami apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh LPM Kelurahan Jawi-Jawi II, walau masih baru menjabat sebagai Ketua LPM, tetapi karena masih muda, semangatnya untuk membangun daerahnya cukup tinggi, untuk itu agar hal ini dapat diikuti oleh Desa dan Kelurahan yang lain”, tukasnya.

Tampak kekompakan seluruh masyarakat dan pejabat yang ikut serta, dimana walikota, wakil walikota dsn Kajari Pariaman.

TNI dari Kodim 0308 Pariaman, Polres Pariaman, Kepala OPD, Camat, tokoh masyarakat, ASN, Pemuda dan masyarakat larut dalam kegiatan Goro itu.

Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin yang juga turut serta membersihkan sungai ini, juga menyambut baik apa yang dilakukan oleh LPM Kelurahan Jawi-Jawi II ini.

“Kami menyambut baik adanya keinginan dari masyarakat untuk menggalakan kembali Goro ditengah semakin menipisnya kesadaran sosial yang ada di tengah masyarakat kita saat ini,” kata dia.

Fenomena kehidupan masyarakat saat ini, cenderung  mementingkan diri pribadi dan jarang bersosialisasi.

“Nah dengan adanya Goro ini, seluruh masyarakat dan pimpinan melebur menjadi satu untuk mewujudkan semangat Goro yang harus kita giatkan kembali”, tegasnya.

Ia berharap, budaya Goro ini dapat hidup kembali ditengah-tengah kehidupan masyarakat Kota Pariaman. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas