Genius Umar, Kades Terpilih Dapat Bersinergi Dengan Pemko

Padang-today.com__Pemerintah Kota Pariaman, Sumbar pada hari ini, Minggu 28-03-2019 menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 31 Desa di daerah itu.

Walikota Pariaman Genius Umar didampingi oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Efendi Jamal, Kepala Dinas Kominfo, Nazifah dan Kepala TU Kesbangpol, Irion ikut memantau pelaksaan Pilkades Serentak di daerah setempat.

“ Setelah saya melakukan monitoring terhadap tujuh desa yang menyelenggarakan pemilihan, semuanya berjalan aman dan tanpa terkendala,” ujar Walikota Pariaman Genius Umar, Minggu 28-04-2019.

Ia mengatakan, partisipasi masyarakat dalam Pilkades serentak ini cukup tinggi, karena sebelumnya pemilihan juga telah diadakan penyampaian visi misi calon kepala desa untuk dipilih pada hari ini.

Ia menegaskan kepada kepala desa terpilih memiliki kemampuan untuk menajemen desa dan keuangan desa yang baik. Selain itu, kepala desa akan diberi pelatihan sehingga mampu menyesuaikan program Pemko Pariaman dengan program di desanya.

“ Kepala desa juga harus mampu menjaring aspirasi masyarakat dan mengimplementasikannya kedalam program tingkat desa,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMDes) Kota Pariaman, Efendi Jamal mengatakan kepada wartawan, hingga saat ini rekapitulasi hasil penghitungan suara telah dilakukan ditingkat TPS. Selanjutnya, seluruh logistik Pilkades akan disimpan di kantor desa masing-masing.

“ Hasil penghitungan di masing-masing TPS sudah ada, masyarakat di masing-masing desa bisa menghitung sendiri dari hasil tersebut,” ujarnya.

Katanya, setelah pelaksanaan Pilkades serentak dilakukan hari ini, seluruh Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) di 31 Desa menyampaikan laporan hasil pilkades kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk dilakuakan penetapan calon terpilih (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas