Genius Umar: Masyarakat Harus Menjaga dan Memelihara Infrastruktur

Genius Umar saat mengaliri genangan air yang berada di kawasan by pass, Minggu,13-11-2016.

Genius Umar saat mengaliri genangan air yang berada di kawasan by pass, Minggu,13-11-2016.

Padang-today.com__Infrastruktur publik biasanya dibangun oleh pemerintahan dari hasil uang rakyat yang dikumpulkan melalui pembayaran pajak. Sebagai   sebuah   daerah   berkembang,   Kota Pariaman   terus   berupaya   untuk mensejahterakan   rakyatnya dengan membangun berbagai infrastruktur di Kota Pariaman.

Perkembangan Pembangunan Kota Pariaman yang sangat pesat harus diimbangi dengan tingginya peran serta masyarakat untuk menjaga dan memelihara Infrastruktur yang dibangun. Hal ini disampaikan Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar saat mengaliri genangan air yang berada di kawasan by pass, Minggu,13-11-2016. ketika melintasi kawasan by pass bersama tim Gandoriah Sepeda Klub.

Menurut Genius, Kerusakan jalan dapat disebabkan selain umur ekonomisnya yang telah lewat juga disebabkan oleh genangan dan gerusan air. Dalam menjaga umur ekonomis infrastruktur jalan yang dibangun Pemerintah selalu menganggarkan biaya pemeliharaan setiap tahun.

“Untuk itu, perlu partisipasi masyarakat untuk menjaga dan memelihara infrastruktur yang telah dibangun dengan mengaliri genangan air dijalan dan membersihkan drainase yang tersumbat.” ungkap Genius.

Katanya,  Pemko telah membentuk barakai namun dalam pelaksanaan belum optimal sehingga kedepan perlu dievaluasi dan diawasi, Barakai harus peka terhadap kondisi kebersihan lingkungan yang menjadi tugas diwilayahnya masing-masing, jika membutuhkan banyak tenaga Kepala Desa perlu melibatkan masyarakat yang lain dengan bergotong royong untuk kepentingan bersama.

Sementara itu salah seorang  penjaga toko di kawasan By Pass Desa Kampung, Jon (38)  mengatakan ada beberapa titik genangan air yang perlu diatasi ketika saluran tersumbat dan solusinya sangat simpel.

“Harus ada peran serta masyarakat terutama warga yang tokonya berada didepan genangan air untuk mengaliri ke drainase yang ada sehingga air cepat mengering.” kata dia.

Ia menambahkan, Pemko Pariaman sudah membangun drainase di beberapa kawasan, untuk jangka panjang direncanakan sepanjang jalan by pass akan dibangun drainase secara permanen dan ditata dengan trotoar untuk pejalan kaki beserta taman yang berada di pepohonan sebelah kiri dan kanan jalan.  (sg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas