Genius Umar, Masyarakat Merupakan Elemen Penting Untuk Merumuskan Kebijakan Pembangunan Tepat Sasaran

Padang-today.com__Masyarakat, pemerintah dan swasta merupakan elemen penting  dalam merumuskan kebijakan pembangunan yang tepat sasaran, oleh karena itu dibutuhkan aspirasi dari pemangku kepentingan sebagai variabel dalam penetapan program prioritas pembangunan jangka menengah.

“Maka perlu orientasi pada pemenuhan dan pemerataan hak dasar masyarakat yang berkeadilan dan berkesinambungan untuk dapat dituangkan kedalam rancangan RPJMD Kota Pariaman Tahun 2018-2023″, kata Walikota Pariaman Genius Umar, dalam sambutannya pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pariaman tahun 2018-2023 di Aula Balaikota Pariaman, Senin (18/02/2019).

RPJMD Kota Pariaman Tahun 2018-2023 merupakan penjabaran visi, misi dan program kepala daerah yang penyusunannya berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)”, lanjutnya.

Ia juga menambahkan bahwa untuk merumuskan tantangan, isu strategis kebijakan dan target yang direncanakan akan dicapai untuk menjawab tantangan dan permasalahan dalam 5 tahun kedepan dengan mengacu pada Visi Misi Walikota Terpilih.

Dengan demikian, RPJMD merupakan pedoman bersama dari seluruh komponen baik itu pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha untuk mewujudkan cita-cita “pariaman kota wisata, perdagangan, jasa, yang religius dan berbudaya“.

Pada kesempatan itu, ia juga memaparkan terkait rencana pembangunan Pasar Pariaman yang sudah dimulai prosesnya sejak Bulan Januari 2019 kemarin, Pihaknya sudah menyiapkan lokasi penampungan 400 pedagang di Lapangan Merdeka Kota Pariaman.

Revitalisasi pasar pariaman pada tahun ini dibangun dengan menggunakan anggaran APBN dari Kementerian PUPR RI yang pengerjaannya oleh Pemko Pariaman, Pemerintahan Pusat melalui Kementerian PUPR juga telah meninjau keadaan pasar pariaman yang sudah tidak layak.

“Insyaallah pada awal bulan april mendatang akan kita laksanakan peletakan batu pertama pasar pariaman yang nanti akan dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo”,tutupnya.

Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pariaman tahun 2018-2023 di gelar di Aula Balaikota Pariaman selama dua hari.

Turut hadir Anggota DPRD Sumbar Dapil II, Anggota DPRD Kota Pariaman, Bappeda Padangpariaman, SKPD se-Kota Pariaman serta narasumber dari Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri RI, Bappeda Sumbar, Bappeda Kota Pariaman dan Akademisi. (suger)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas