Genius Umar, Perlunya Sinergitas Antara Pemuda dan Pemerintah Dalam Pembangunan Daerah

Padang-today.com__Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat, Genius Umar meminta organisasi kepemudaan Karang Taruna menjadi motor penggerak pembangunan di daerah itu. Dari sejumlah misi pembangunan yang diusung Pemerintah Kota Pariaman. Wako Pariaman menganggap misi untuk mengajak masyarakat untuk mengarah ke lebih baik dan positif sangat diperlukan peran pemuda.

“Oleh karenanya Saya ingin mengajak pemuda Karang Taruna Kota Pariaman agar ikut peduli dan berperan aktif untuk membantu persoalan-persoalan yang dihadapi pemerintah daerah, termasuk persoalan lingkungan,”ucapnya di sela sela  Apel Siaga Kesetiakawanan Karang Taruna Kota Pariaman di Pariaman, di Halaman Balai Kota, Rabu.

Selain persoalan lingkungan, kata Genius Umar para pemuda yang terwadahi dalam organisasi Karang Taruna ini, harus bisa menciptakan SDM-SDM yang berkualitas, yang dapat bergerak dalam memajukan ekonomi dan pangan di daerah itu. Apalagi dalam mengenjot pariwisata di daerah tersebut.

Anggota Karang Taruna memiliki potensi menjadi penggerak pembangunan karena organisasi ini tersebar hingga tingkat pedesaan. Dengan potensi yang dimiliki itu maka Karang Taruna dapat bekerja sama dengan pemerintahan untuk membangun daerah itu.

Kerja sama yang dimaksud, lanjutnya menjadi motor penggerak di masyarakat dengan mengajak warga setempat untuk berbuat positif. Seperti menyelenggarakan kegiatan olahraga, wirausaha, dan membangkitkan jiwa gotong-royong.

Menurutnya Karang Taruna di daerah itu perlu meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah guna mengoptimalkan potensi agar kegiatan yang dilakukan dapat sejalan dengan program pemerintah daerah.

Selain sebagai motor penggerak pembangunan, ia juga meminta Karang Taruna ikut mengawasi berjalannya Pemilihan Umum 2019 di daerah itu.

Karang Taruna harus dapat menyaring berita palsu yang tersebar di media sosial agar nantinya terpilih presiden dan anggota dewan yang betul-betul berjuang untuk kepentingan rakyat.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Sumbar, Mahdianur Musa mengatakan kehadiran organisasi kepemudaan ini harus dirasakan oleh masyarakat. “Harus ada aksi nyata dari Karang Taruna,” katanya.

Karang Taruna harus menjadi garda terdepan mengatasi permasalahan sosial di masyarakat. Untuk itu, perlunya sebuah pembinaan bagi anggota Karang Taruna di daerah itu. Hal ini semua perlunya kearifan lokal dalam menyikapinya.(suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas