Genius Umar, SLRT Akan Menjadi Acuan Untuk Menyalurkan Bantuan

Padang-today.com__SLRT (Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu) sangat penting, karena merupakan layanan satu atap terhadap berbagai masalah sosial yang dihadapi masyarakat. Layanan ini langsung menyasar ke masyarakat miskin yang ada desa-desa, sehingga langsung menyentuh kebutuhan masyarakat.

“Dengan adanya SLRT ini, masyarakat miskin yang telah masuk dan terindefikasi di sistem ini, akan kita prioritaskan dalam menerima bantuan yang diberikan oleh pemerintah, mulai bantuan yang berasal dari pemerintah pusat, provinsi dan daerah”, ujar Walikota Pariaman, Genius Umar ketika memberikan sambutan, membuka kegiatan Rapat Koordinasi SLRT Kota Pariaman tahun 2019, bertempat di Balairung rumah dinas walikota, Selasa (26/2).

Program bantuan untuk masyarakat miskin, sangat banyak, baik di pemerintahan pusat, yang berada di program setiap kementerian, program pemerintah provinsi dan juga program dari pemerintah Kota/Kabupaten.

“Kita masih melihat data warga miskin yang menerima bantuan, itu-itu saja orangya, dan setelah menerima bantuan mereka tidak berubah dan tidak berusaha untuk merubah kehidupanya, untuk itu perlu data yang akurat dan sistematis, sehingga penerima bantuan akan merata dan tidak tumpang tindih”, kata dia.

Melalui SLRT ini nantinya akan menjadi acuan bagi pemerintah Kota Pariaman dalam menyalurkan bantuan atau program untuk warga miskin, baik bantaun yang dari setiap OPD dan stakeholder terkait.

SLRT merupakan kerjasama antara Pemko Pariaman dengan Kementerian Sosial RI, dimana diharapkan melalui pendataan yang tepat, SLRT ini dapat mengidentifikasi kebutuhan dan keluhan masyarakat miskin dan rentan miskin yang ada di Kota Pariaman, serta dapat melakukan rujukan kepada pengelola program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan, yang dikelola oleh pemerintah, jelasnya.

Genius juga mengungkapkan agar seluruh stakeholder, OPD yang terkait dengan kegiatan ini, hendaknya dapat saling bersinergi dengan program yang ada di instansinya masing-masing.

“Kami bertekad untuk terus mendorong penurunan angka kemiskinan yang ada di Kota Pariaman. Dan SLRT ini, merupakan Program layanan sosial terpadu, yang dapat mempercepat penanganan kemiskinan tersebut, selain berbagai program bantuan sosial yang selama ini sudah kita lakukan” ucapnya.

Selain itu, salah satu cara mengentaskan kemiskinan adalah dengan pendidikan, karena itu, saat ini Pemerintah Kota Pariaman dengan program Satu Rumah Satu Sarjana, diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan yang ada didalam keluarga tidak mampu tersebut.

Pihak Pemerintah Kota Pariaman telah membuat kerjasama dengan 3 Perguruan Tinggi Vokasi, dimana pada tahun 2018 lalu, kita telah berkerjasama dengan Politeknik Negeri Padang (PNP) dan sudah ada 19 anak Kota Pariaman yang kita kuliahkan disana.

Selain itu, diakhir 2018 lalu menekan kerjasama dengan Politeknik Akademi Tekhnologi Industri Padang (ATIP), dan terbaru. Kemudian, pihaknya juga sudah menandatangani kerjasama dengan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat yang ada di Tiram.

“Dengan bekal pendidikan yang mereka tempuh nanti, kiranya mereka dapat memperoleh pekerjaan, bahkan membuka pekerjaan untuk dirinya sendiri, sehingga mereka dapat memenuhi kehidupanya, dan akan mengangkat derajat keluarganya menjadi lebih baik”, tutupnya.

SLRT program yang membantu mengidentifikasikan kebutuhan masayrakat miskin dan rentan miskin, kemudian menghubungkan mereka dengan program dan layanan yang dikelola oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota dan non-pemerintah sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pada kesempatan ini juga dilakuakn penandatanganan kesepakatan antara Dinas Sosial dengan seluruh stakeholder terkait, dan Kepala OPD yang hadir, untuk memakai data di SLRT ini nantinya dalam penjabarkan programnya di instansi masing-masing. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas