Genjot Kinerja Daerah, Beberapa Kepala OPD Diganti Wali Kota Riza Falepi

PAYAKUMBUH — Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekretaris Daerah Rida Ananda, Asisten I Dafrul Pasi, dan Kepala BKPSDM Ifon Satria Chan melantik dan mengambil sumpah jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh, Selasa (5/7).

Ada sebanyak 35 pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, dan pejabat pengawas yang dilantik di Aula Ngalau Indah, Lantai III Kantor Wali Kota itu.

Untuk Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, ada Ifon Satria Chan yang diamanahkan sebagai Asisten Administrasi Umum (Asisten III) mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan oleh Amriul Dt. Karayiang karena sudah pensiun.

Kemudian, penggantinya Erwan yang dilantik sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, sehingga jabatan Kepala Dinas Sosial saat ini dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) sementara.

Untuk kepala dinas yang dirotasi, ada Devitra sebagai Kepala Dinas Perhubungan, Nofriwandi sebagai Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, serta Desmon Corina sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

Untuk Pejabat Administrator, Roza Aulia dilantik sebagai Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Danil Defo sebagai Sekretaris Disdik, Tavril Samry sebagai Kabid Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Kurniawan Syahputra sebagai Kabid Perlindungan Rehabilitasi dan Jaringan Sosial, Friza Susanti sebagai Kabid Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Syawal Takri sebagai Kabid Lalu Lintas Dan Angkutan, Bobby Prakarsa Kabid Destinasi Wisata, Israneldi sebagai Kabid Pemasaran Pariwisata, dan Hayatil Mardiah sebagai Kabid Perdagangan.

Sisanya ada beberapa pejabat yang diamanahkan sebagai lurah dan pejabat pengawas.

Wali Kota Riza Falepi mengatakan di akhir masa jabatannya yang tinggal 3 bulan lagi ini merasa masih adanya posisi di organisasi perangkat daerah yang perlu dilelang, terutama jabatan pimpinan tinggi pratama.

“Makanya saya menekankan kepada BKPSDM dan Baperjakat apabila ada jabatan kosong harus diisi lagi, setelah diisi maka tentu akan ada jabatan di bawahnya yang bergerak keatas,” kata Riza.

Riza juga menambahkan salah satu kepala dinas yang baru saja masuk masa purna bakti adalah Kepala Dinas Perizinan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Harmayunis pada 1 Juli 2022. Riza menyebut jabatannya akan dilelang, saat ini untuk sementara dipegang oleh Plt. yang ditunjuk.

“Tapi lebih bagus jabatan kepala dinas diisi oleh orang yang tepat. Karena jabatan adalah amanah, saya ingin menyesuaikan kapasitas SDM dan kemampuan masing-masing untuk melayani masyarakat selama saya menjadi kepala daerah. Saya harap yang dilantik hari ini dapat meningkatkan kinerja kedepannya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*