Genjot Pariwisata, Harus Mampu Melihat Perkembangan Dinamika Zaman Dalam Memajukan Pariwisata

Pulau Angso Duo di Paariaman

Padang-today.com__Pariwisata diyakini menjadi sektor yang semakin seksi sekaligus menantang pada tahun 2018. Hal ini disebabkan karena terjadinya pergeseran gaya hidup masyarakat serta kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Pariwisata menggerakkan ekonomi dan memberdayakan masyarakat. Pemerintah Indonesia telah mengakui potensi kemajuan ekonomi yang dapat dilakukan oleh industri pariwisata yang tangguh.  Pariwisata akan menjadi salah satu motor penggerak bisnis suatu daerah yang telah mempunyai potensi pada tahun 2019 ini.

Namun sebaliknya, suatu daerah yang telah mempunyai potensi daerah, tetapi tidak mampu dalam memanfaatkan peluang pada sektor yang satu ini akan tertinggal dari daerah lain yang lebih maju selangkah. Semuanya ini sudah tentu dalam kajian dari dampak sosial untuk sektor pariwisata ini.

Dalam pandangan pengamat pariwisata di Indonesia menilai bahwa era digital membuat pola konsumsi masyarakat bergeser. Artinya, era digital membuka peluang besar terhadap industri pariwisata dan gaya hidup.

Untuk itu, semua pemangku kepentingan harus serius menata industri pariwisata. Semua sumber daya dan strategi harus dikerahkan. Salah satunya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Para pelaku usaha pariwisata juga harus jeli menangkap peluang. Salah satunya tentang tren masyarakat kelas menengah yang gemar berlibur.

Di sisi lain, keberadaan generasi milenial dalam mendongkrak industri pariwisata juga tak bisa dipandang sebelah mata. Mereka tidak hanya berlibur, tapi juga berani membuat destinasi wisata baru.

Saat ini, segmen ‘leisure’ terus tumbuh seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang menjadikan liburan sebagai kebutuhan. Menarik mencermati segmen wisatawan yang lahir tahun 80 dan 90-an, atau biasa disebut dengan wisatawan milenial.

Menurut beberapa kajian, ternyata, karakter wisatawan milenial adalah sebagai wisatawan yang gemar mencari pengalaman baru, termasuk wisata petualangan, eksplorasi, dan perjalanan darat (road trips).

Kemudian, perilaku ini berkembang menjadi tren dan kian menular. Yang tak kalah menarik, rata-rata para wisatawan milenial mengaku bahwa pilihan berwisata mereka adalah untuk mencari pengalaman wisata yang unik, baru, otentik dan personal.

Selain itu, wisatawan milenial Indonesia juga sering terpengaruh oleh pengalaman orang lain. Hal itu terjadi di seluruh jaringan sosial baik offline ataupun online. Begitu juga forum-forum online dan situs-situs review.

Dewasa ini, Pemerintah Kota Pariaman berupaya untuk memajukan wisata diadaerah itu. Berbagai program dan yang telah teragenda dalam Kalender Tahunan untuk kunjungan wisata di daerah itu telah di lahirkan.

Saat wisatawan berpikir tentang tujuan liburan ke Pariaman, Sumbar, terlintas dibenak wisatawan Kalender Event Wisata Kota Pariaman 2019. Seperti apakah produk wisata yang disajikan oleh pihak Pemko Pariaman yang dikemas dalam Kalender Event 2019 itu.

Kota Pariaman merupakan sebuah Kota yang berada di Provinsi Sumatera Barat, Kota ini menyimpan sejuta pesona alam yang menakjubkan dan tersembunyi sehingga masih banyak orang yang belum mengtahui akan keindahannya. Mulai dari wisata alam, situs bersejarah, dan kulinernya yang memanjakan selera.

Jika Anda punya rencana liburan ke Pariaman, Jangan khawatir akan keindahannya, Kota ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Kota ini memiliki banyak tempat-tempat wisata yang bernuansa alam,pantai, Sejarah, Religi maupun Kuliener yang tak kalah dengan daerah-daerah lainnya yang ada di Indonesia. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas