Genjot Pariwisata, Kota Pariaman Launching Kalender Event 2019

adib alfikri, wako, wawako dan para narasumber serta undangan memukul gandang tambua tanda dilaunchingnya kalender event kota pariaman 2019

 

Padang-today.com__Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat, Adib Alfikri, melaunching Kalender Event (Kalender of event) Kota Pariaman tahun 2019, dimana pada tahun ini, Pemko Pariaman membuat 46 event pariwisata.

“Kota Pariaman saat ini, telah menjelma menjadi destinasi wisata, bukan hanya di Sumatera Barat saja, tapi sudah lingkup regional Sumatera dan nasional, hal ini dapat dilihat dari tingkat kunjungan wisatawan ke kota pariaman yang meningkat, seiring dengan pesatnya pembangunan penunjang pariwisata yang dibuat oleh Pemko Pariaman”, tuturnya di Aula Balaikota Pariaman, Rabu 30-01-2019.

Lebih lanjut, Adib mengatakan Kota Pariaman saat ini berlari kencang menggenjot sektor pariwisatanya, dan kita dari provinsi sangat mendukung hal tersebut, karena bukan hanya Kota Pariaman saja, tetapi juga Sumatera Barat secara keseluruhannya, dimana kita menjadikan pariwisata sebagai sector unggulan.

“Salah satu cara untuk memajukan pariwisata, adalah dengan menggelar berbagai event, yang akan membuat orang tertarik untuk datang. Bukan hanya event kepariwisataan, kesenian dan budaya saja, tetapi event Sport Tourism menjadi daya tarik tersendiri untuk pengunjung, dimana mereka sekaligus menjadi peserta dari ajang sport tourism tersebut”, ungkapnya.

Adik orang nomor satu di sumatera barat ini juga menjelaskan bahwa selain banyaknya event yang dibuat, pariwisata juga memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat yang menganut Sapta Pesona.

“Kita akui, saat ini masih banyak masyarakat dan pelaku usaha kita yang mempunyai SDM yang lemah di bidang pariwisata dan hal melayani, jadi perlunya peran pemerintah untuk memberikan pengertian dan sosialisasi ke masyarakat, para pedagang dan pelaku usaha, agar dapat menjadi tuan rumah yang baik, dan melayani dengan senyum dan ramah”, ujarnya.

Diakhir sambutanya, Adib Alfikri mengatakan agar Pemko Pariaman dapat terus melakukan terobosan dibidang pariwisata, sehingga akan menambah banyaknya destinasi baru dan event yang dapat digelar di Kota Tabuik ini, tutupnya.

Walikota Pariaman Genius umar mengatakan acara Launching Kalender Event Kota Pariaman tahun 2019 ini kita gelar agar para wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus), telah dapat membuat schedule untuk berlibur, atau menikmati wisata sport tourism yang kita buat.

“Selama ini, kita tidak terlalu menganggap peluncuran kalender event ini sangat penting, padahal, orang yang akan berkunjung dan wisatawan, mereka telah membuat program dari jaug hari, karena itu, perlunya konsistensi kita untuk melaksanakan event sesuai dengan yang telah kita tetapkan saat ini, sehingga, mereka dapat menikmati liburan bersama keluarga dengan terencana”, ulasnya.

Kota Pariaman dianugerahi dengan keindahan alamnya, baik gugusan pulau-pulau dan keindahan bawah lautnya, kawasan sepanjang pantai yang rindang, dan persawahan serta sungai yang menarik, kesemuanya itu saat ini kita maksimalkan untuk menjadi kawasan destinasi wisata.

“Dengan kesemua potensi itu, kita saat ini akan memaksimalkan hal tersebut untuk menjadikan kawasan wisata yang tematik dan menarik untuk dikunjungi. Dengan adanya 46 event yang kita gelar tahun ini, diharapkan akan semakin menambah dan mendongkrak jumlah kunjungan wisman dan wisnus ke Kota Pariaman, selain pengembangan kerajinan ekonomi kreatif yang dapat tercipta nantinya”, ucapnya.

Sebelum digelar Launching Kalender event Kota Pariaman tahun 2019 ini, Genius Umar sebelumnya juga membuka  Focus Group Discusison (FGD), dengan tema “Strategi Percepatan Pengembangan Pariwisata Kota Pariaman”, yang diikuti oleh stakeholder terkait, pelaku dan penggiat pariwisata, kelompok masyarakat, komunitas pemuda, kalangan pendidikan, media, homestay dan pedagang.

Dinas Pariwisata Kota Pariaman tidak tanggung-tanggung dalam menghadirkan narasumber untuk acara FGD ini, mulai dari Direktur Tourism Development Centre Universitas Andalas, Sari Lenggogeni, Sekretaris ASITA Sumbar, Darmawi, Sekretaris LKAAM Kota Pariaman, Priyaldi, Sekretaris PWI Sumbar, Syukri Umar dan Penggiat dan Pelaku Pariwisata Sumbar, M. Zurizul. (suger)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*