Genjot Wisata, Fasum Masih Minim di Pantai Kata

Padang-today.com__Pariwisata diyakini menjadi sektor yang semakin seksi sekaligus menantang pada tahun Babi ini.

Hal ini disebabkan karena terjadinya pergeseran gaya hidup masyarakat serta kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.Pariwisata menggerakkan ekonomi dan memberdayakan masyarakat.

Pemerintah Indonesia telah mengakui potensi kemajuan ekonomi yang dapat dilakukan oleh industri pariwisata yang tangguh.

Pariwisata akan menjadi salah satu motor penggerak bisnis suatu daerah yang telah mempunyai potensi pada tahun 2019 ini.

Kota Pariaman, Sumbar bisa disebut salah daerah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun manca negara.

Sebut saja, Uda Win (53) salah satu wisatawan lokal asal Payakumbuh memanjakan keluarganya untuk berwisata di Kota Pariaman.

Setelah menjambangi berbagai pantai di Pariaman, seperti Pantai Gandoriah, Cermin dan Pantai Kata, Pantai Sunur dan Karan Aur. Namun, di Pantai Kata ia sedikit terpesona dengan aneka kuliner yang memanjakan selera.

” Di Pantai Kata ini, saya bersama keluarga untuk mengisi libur saya pada pekan ini. Namun, di Pantai Kata ini masih belum memadainya fasilitas umum,” kata Win yang sengaja membawa keluarga untuk berlibur ke Pariaman, Minggu 11-02-2019.

Katanya, apabila suatu daerah yang telah mempunyai potensi daerah, tetapi tidak mampu dalam memanfaatkan peluang pada sektor yang satu ini akan tertinggal dari daerah lain yang lebih maju selangkah.

Menurutnya, pemangku kepentingan harus serius menata industri pariwisata. Semua sumber daya dan strategi harus dikerahkan.

Selain itu, Para pelaku usaha pariwisata juga harus jeli menangkap peluang. Salah satunya tentang tren masyarakat kelas menengah yang gemar berlibur.

“kalau bisa di setiap lokasi pariwisata harus dilengkapi dengan fasilitas umum, seperti mushalla, toilet, ruangan untuk mandi. Selain itu harus mampu mengadakan hotspot atau wifi gratis,” kata dia.

Parawisatawan, kata dia, mengharapkan hal demikian, karena mereka tidak hanya berlibur.

Menurutnya, karakter wisatawan milenial adalah sebagai wisatawan yang gemar mencari pengalaman baru.

Rata-rata para wisatawan mengaku bahwa pilihan berwisata mereka adalah untuk mencari pengalaman wisata yang unik, baru, otentik dan personal.

Selain itu, wisatawaan juga sering terpengaruh oleh pengalaman orang lain. Hal itu terjadi di seluruh jaringan sosial baik offline ataupun online. Begitu juga forum-forum online dan situs-situs review.

Rohana (37), salah satu pengunjung dari Pekan Baru, Riau menyebutkan, ia merasa bangga dengan pesatnya perkembangan wisata di Pariaman.

“Saat berwisata di pariaman, kini wisatawan sudah bisa mengakses kalender wisata di Kota Pariaman,” terangnya.

Sebelumnya, ia berwisata di Kota Pariaman hanya mengandalkan Tabuik. Setelah adanya kalender wisata kota pariaman di lajirkan oleh pemerintah setempat, ia dapat berpikir tentang tujuan liburan ke Pariaman yang disajikan oleh pihak Pemko Pariaman yang dikemas dalam Kalender Event 2019.

Ia berharap, bagi pengambil kebijakan dan kepentingan harus betul-betul serius untuk memoles sektor yang satu ini, agar wisatawan dapat menikmati keindahan alam daerah yang dikunjungi wisata.

“Yang paling utama itu adalah fasilitas umum,” kata dia.

Kenapa demikian, disalah satu pantai di bagian selatan Kota Pariaman masih menimnya fasiliatas umum yang sangat dibutuhkan wisatawan.

“Kalau kita mau buang hajat, di pantai kata pariaman tidak ada toilet yang layak untuk wisata, selain itu, masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk menarik wisata untuk berlama-lama menikmati deburan ombak,” tandasnya menghakiri.

Kota Pariaman merupakan sebuah Kota yang berada di Provinsi Sumatera Barat, Kota ini menyimpan sejuta pesona alam yang menakjubkan dan tersembunyi sehingga masih banyak orang yang belum mengtahui akan keindahannya. Mulai dari wisata alam, situs bersejarah, dan kulinernya yang memanjakan selera.

Jika Anda punya rencana liburan ke Pariaman, Jangan khawatir akan keindahannya, Kota ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Kota ini memiliki banyak tempat-tempat wisata yang bernuansa alam,pantai, Sejarah, Religi maupun Kuliener yang tak kalah dengan daerah-daerah lainnya yang ada di Indonesia. (suger)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas