GERAKAN REVITALISASI 1000 SURAU DI SUMBAR

Oleh: M. Rafik Perkasa Alamsyah Ketua Umum IPPMI

 

Dahulu Sumatera Barat banyak melahirkan Tokoh – tokoh Bangsa terutama di Jaman Era Gerakan Kemerdekaan , dan bahkan Di Era sebelumnya .
Pertanyaan nya kenapa Sumatera Barat bisa banyak menghasilkan Tokoh – tokoh Bangsa tersebut ?

Lembaga Kajian Ikatan Pemuda Pemudi Minang Indonesia setelah menelaah dan mengkaji berdasarkan data di lapangan dan history pribadi masing – masing tokoh tersebut memberikan hasil dan kesimpulan bahwa mereka ini output dari pola pendidikan dengan basis adat budaya atau nilai – nilai kearifan local .

Strategy kearifan lokal tersebut ada di Surau – Surau Nagari dengan Basic pedoman hidup masyarakat Minang ” Adat Ba Sandi Syarak, Syarak Ba Sandi Kitabullah ” .

Jaman dahulu anak – anak muda minang sejak umur 9 thn sudah tidak tinggal di rumah orang tua tapi tinggal di Surau – Surau tersebut dan ditempa dengan Materi nilai – nilai kearifan local serta seni budaya seperti bela diri Silek minang yang terkenal mempunyai nilai Filosofi yang tinggi .

Lalu juga ditempa dengan basic spritual pendidikan Agama Islam , ekonomi dan pertanian karena di sekitaran surau di tanam beberapa jenis tanaman , untuk memenuhi kebutuhan Surau tersebut.
Surau di Minang sebagai Basic Character building atau dasar pembangunan karakter masyarakat yang dimulai sejak anak – anak yg kelak merupakan penerus estafet kepemimpinan.

Berdasarkan hasil kajian ini Ikatan Pemuda Pemudi Minang Indonesia ( IPPMI ) mengusulkan kepada Presiden RI dan Pemerintah agar mendorong program Revitalisasi 1000 Surau dan dianggarkan di pemerintah , bs melalui kementrian PU dan disupport oleh kementrian Pendidikan dan Kementrian Agama serta menambah nomenklatur juklak juklis anggaran desa di kementrian PDT dan Kemendagri agar ditambahkan salah satu penggunaan anggaran desa digunakan untuk kebutuhan Surau tersebut khusus untuk Provinsi Sumatera barat .

Kita tahu bahwa Pemerintah fokus dengan program Revolusi mental sebagai bagian dr Character building bangsa Indonesia dengan basis kearifan local.

Program Revitalisasi Surau ini juga bisa dimasukkan dalam program bela negara karena di Surau tersebut ada pelatihan Bela Diri Silek Minang yang terkenal dan kebanggaan bangsa indonesia seperti Jepang dgn Karate dan aikhido, korsel dengan Taekwondo , china dengan kungfu nya dan thailand dengan mhuang thai nya .
Program ini juga bagian dari pelestarian adat budaya bangsa indonesia .

Pembangunan karakter bangsa indonesia dengan basic kearifan local merupakan filter dan soluso dari serangan modernisasi dan ideology – ideology asing yang tidak sesuai dengan karakter bangsa kita,dan diharapkan juga pemerintah melakukan program character building dengan basic kearifan lokal dilaksanakan di seluruh indonesia bukan hanya di Sumatera Barat .

Nilai – nilai kearifan local ini sudah terbukti dan teruji ribuan tahun digunakan dan dibangun oleh leluhur bangsa indonesia dalam kehidupan sehari – hari , sangat banyak potensi tersebut kalo pemerintah gali bersama tokoh – tokoh adat.

Permasalahan – permasalahn sosial politik yang terjadi sekarang karena bangsa kita sudah mulai melupakan warisan leluhur bangsa kita .

Kami ikatan pemuda pemudi minang indonesia memang fokus dengan materi kearifan local sebagai dasar karakter building pemuda minang dan kami mohon pemerintah mensupport gerakan kami ini

Di lain tempat Usulan Ikatan Pemuda Pemudi Minang Indonesia ini mendapatkan respon baik dari pemerintah melalui Staff Kepresidenan yang terakhir melakukan dialog dengan Ikatan Pemuda Pemudi Minang Indonesia .

Staff Kepresidenan sering melakukan dialog dengan lintas organisasi menampung aspirasi mereka sebagai dasar pembangunan Bangsa Indonesia Ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*