Google dan Samsung Gelar Meeting ‘Panas’, Apa Yang Terjadi?

google-samsung-logoPADANGTODAY.com – Nampaknya salah satu keputusan Samsung untuk melakukan perubahan di jajaran smartwatch terbarunya mendapat reaksi keras dari Google. Apa akar permasalahannya?

Seperti yang dilansir oleh The Verge (17/07), Google dan Samsung baru-baru ini menggelar sebuah meeting ‘panas’ yang tertutup untuk media. Pada pertemuan kali ini Google diwakili oleh CEO-nya, Larry Page, sedangkan Samsung diwakili oleh Jay Y. Lee selaku Vice Chairman perusahaan teknologi asal Korea Selatan tersebut.

Meeting ‘panas’ kali ini disebabkan oleh kebijakan Samsung yang lebih memilih mengembangkan jam tangan pintar dengan sistem operasi Tizen ketimbang Andorid buatan Google. Larry Page yang tak senang dengan langkah ini mencoba untuk menekan Samsung agar mau mengembangkan sebuah smartwatch dengan spesifikasi mumpuni untuk melengkapi jajaran gadget Andorid.

Tak salah bila akhirnya Page cukup kecewa terhadap Samsung. Perusahaan yang didirikan oleh Lee Byung-chul ini membuat smartwatch Android, Samsung Gear Live, yang sejatinya memiliki spesifikasi mirip Gear 2 yang berjalan dengan sistem operasi Tizen. Sebelumnya, Samsung telah menjual smartwatch Gear Fit yang juga memakai sistem operasi Tizen.

Sebenarnya Samsung telah mengatakan bila smartwatch OS Tizen tidak masuk dalam rencana jangka panjang mereka. Oleh sebab itu, beberapa pihak menyatakan bila Google tak seharusnya mencoba untuk ‘mendikte’ Samsung untuk urusan produk-produknya.

Sebelum kejadian ini, Google dan Samsung pernah terlibat perselisihan terkait desain dari OS Android. Kedua perusahaan raksasa ini juga dikabarkan masih mempunyai masalah-masalah penting lain yang bisa merenggangkan hubungan mereka.

(tve/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas